Menteri Kabinet Jokowi Merapat ke Istana jelang Prabowo Umumkan Kabinet

Menteri Kabinet Jokowi Merapat ke Istana jelang Prabowo Umumkan Kabinet

Terkini | inews | Minggu, 20 Oktober 2024 - 20:06
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Prabowo Subianto berencana mengumumkan susunan kabinet pada Minggu (20/10/2024) malam. Sejumlah tokoh yang digadang-gadang menjadi menteri hingga wakil menteri mulai berdatangan ke Istana.

Berdasarkan pantauan, sejumlah menteri kabinet Presiden ke-7 Joko Widodo (Jokowi) sudah tiba, seperti Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Mendagri Tito Karnavian, Menkominfo Budi Arie Setiadi, hingga Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

"Hari ini dipanggil Pak Presiden elect," kata Airlangga kepada awak media.

Sementara itu, sejumlah tokoh lain juga sudah tiba di Istana. Mereka yakni Asisten Khusus Menteri Pertahanan Bidang Manajemen Pertahanan Letnan Jenderal TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, pegiat HAM Natalius Pigai, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Dewan Pembina PSI Giring Ganesha, hingga Politikus Gerindra Fadli Zon.

Sjafrie Sjamsoeddin mengaku belum mengetahui dirinya akan ditugaskan di pos kementerian apa.

"Saya belum tahu. saya diminta datang jam delapan pakai baju cokelat," tutur Sjafrie.

Diketahui, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dilantik menjadi presiden dan wakil presiden (wapres) ke-8, Minggu (20/10/2024). Pengucapan sumpah/janji dilakukan dalam sidang paripurna yang dipimpin Ketua MPR Ahmad Muzani di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.

Prabowo lebih dulu mengucapkan sumpah sebagai presiden Republik Indonesia (RI). Berikut bunyi sumpah yang dibacakan:

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa".

Selanjutnya, giliran Gibran Rakabuming Raka mengucapkan sumpah sebagai wapres RI.

Dengan selesainya pelantikan ini, rakyat Indonesia resmi memiliki presiden dan wapres yang baru yakni Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Topik Menarik