Ketum GP Ansor Addin: Indonesia Tidak Baik-baik Saja, Butuh Langkah Besar

Ketum GP Ansor Addin: Indonesia Tidak Baik-baik Saja, Butuh Langkah Besar

Nasional | sindonews | Kamis, 17 Oktober 2024 - 22:44
share

Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Addin Jauharudin menyampaikan pandangan kritis mengenai kondisi global dan dampaknya terhadap Indonesia. Menurutnya, dunia saat ini sedang dalam situasi yang tidak stabil, terutama akibat perang di sejumlah wilayah yang memengaruhi rantai pasokan logistik dan ekonomi global, termasuk Indonesia.

Hal ini disampaikan Addin saat membuka Konferensi Besar (Konbes) GP Ansor ke-XXVII di Hotel Harris, Sentul, Bogor, Kamis (17/10/2024). Konbes yang dihadiri ratusan pimpinan GP Ansor dari berbagai daerah ini berlangsung dari 17 hingga 19 Oktober 2024. Dalam pidatonya, Addin menekankan, kondisi ekonomi Indonesia sedang mengalami penurunan, dengan meningkatnya angka pengangguran dan pemutusan hubungan kerja (PHK). Oleh karena itu, ia mengajak seluruh kader GP Ansor untuk mengambil langkah-langkah besar dalam menghadapi tantangan ini.

"Situasi hari ini dunia sedang tidak baik-baik saja. Dampak dari perang yang berkepanjangan mengganggu rantai pasok, termasuk ekonomi. Di Indonesia, ekonomi tidak baik-baik saja. Banyak PHK, ekonomi cukup menurun, pengangguran bertambah. Dengan kondisi hari ini, butuh langkah-langkah besar untuk mengatasinya," kata Addin di hadapan peserta Konbes.

Sebagai organisasi kepemudaan terbesar di Indonesia dengan 8 juta anggota, GP Ansor memiliki beragam perangkat, termasuk Barisan Ansor Serbaguna (Banser), Rijalul Ansor, Lembaga Bantuan Hukum (LBH), serta berbagai badan dan lembaga lainnya. Semua elemen tersebut, lanjut Addin, harus berkolaborasi di bawah satu orkestrasi untuk menghadapi tantangan yang ada.

"Tugas kita, baik pimpinan pusat maupun daerah, sama-sama mengemban tugas berat dalam politik, sosial, dan ekonomi. GP Ansor harus membangun kekuatan ekonomi, mengembangkan sumber daya manusia (SDM) anak-anak muda, serta bekerja sama dengan pemerintah menghadapi tantangan ini," katanya.

Addin menekankan bahwa setiap langkah yang diambil harus dilakukan dengan penuh keteladanan, disiplin, keseriusan, dan konsistensi. "Dengan kerja keras dan kebersamaan, tidak ada yang tidak mungkin kita wujudkan dalam agenda besar organisasi dan kebangsaan," ujarnya.

Ia juga mengingatkan bahwa setiap pimpinan, dari tingkat pusat hingga ranting, harus mengikuti irama dan langkah organisasi dalam mewujudkan visi besar GP Ansor.

Di akhir pidatonya, Addin mengucapkan selamat ulang tahun ke-73 kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto, serta memberikan selamat kepada para tokoh yang terpilih untuk masuk dalam kabinet baru di bawah kepemimpinan Prabowo-Gibran. Harapan kita semua, agar mereka dapat melakukan yang terbaik bagi bangsa ini dalam lima tahun ke depan," tutupnya.

Topik Menarik