Rektor ISI Surakarta Ajak Wisudawan Bangga pada Almamater

Rektor ISI Surakarta Ajak Wisudawan Bangga pada Almamater

Nasional | badung.inews.id | Kamis, 17 Oktober 2024 - 23:20
share

SOLO, iNewsbadung.id - Dr. I Nyoman Sukerna, S. Kar., M. Hum., Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta ajak wisudawan bangga pada almamater sebagai bagian keluarga besar ISI Surakarta. 

Rektor juga berpesan agar wisudawan terus berinovasi, belajar memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan, untuk menciptakan dampak positif bagi dunia. 

Selain itu, Rektor I Nyoman Sukerna juga menegaskan bahwa tahun 2024 ISI Surakarta telah bertransformasi sebagai PTN Badan Layanan Umum (BLU). 

Transformasi yang sedang berlangsung di ISI Surakarta disebutkan I Nyoman Sukerna merupakan bukti nyata dari tekad kampus, tidak hanya menjadi pemangku warisan seni budaya Nusantara, namun juga pelopor perubahan dalam dunia seni dan budaya global. 

"Mahasiswa kami tidak hanya belajar tentang tradisi seni dan budaya, tetapi juga dipersiapkan menghadapi kontestasi global yang semakin kompleks," ujar Rektor I Nyoman Sukerna pada Sidang Terbuka Senat ISI Surakarta dalam rangka Wisuda Program Sarjana, Sarjana Terapan, Magister dan Doktor Periode II Tahun 2024. 

 

Rektor ISI Surakarta menambahkan, saat ini tantangan terberat adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan kepada segenap pemangku kepentingan ISI Surakarta, terutama mahasiswa yang sedang menjalani proses terakhir sebagai wisudawan. 

ISI Surakarta juga berkonsentrasi pada pendidikan berkualitas, inovasi dalam seni dan ilmu pengetahuan, serta  berkomitmen mendorong keunggulan pada semua bidang, termasuk  mempersiapkan lulusan menghadapi tantangan dunia nyata.

Sebagai lulusan ISI Surakarta, Rektor I Nyoman Sukerna berharap para wisudawan mempunyai tanggung jawab menggunakan pengetahuan dan keterampilan untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, seni dan ilmu pengetahuan. 

Wisuda yang digelar Rabu (16/10/2024) di Pendhapa KGPH Djojokusumo Kampus ISI Surakarta Kentingan ini disebutkan Rektor I Nyoman Sukerna sebagai momen atau peristiwa penting untuk menandai puncak pencapaian akademik baik pada jenjang diploma, sarjana, magister, maupun doktor. .

Selain itu dikatakan Rektor ISI Surakarta sebagai wujud penghormatan dan pelepasan kepada mahasiswa yang sudah menyelesaikan proses belajar di kampus. 

 

Periode ini, Rektor ISI Surakarta mewisuda 477 wisudawan, di mana 115 wisudawan memperoleh predikat cumlaude (dengan pujian). 

Wisuda ini juga terdapat wisudawan Program Studi di Luar Domisili (PDD) ISI Surakarta yang merupakan embrio Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Sulawesi Selatan, yakni sejumlah 13 orang wisudawan, terdiri atas tiga  orang dari program studi (Prodi) Desain Interior dan 10 orang dari Prodi  Film dan Televisi.

Masa studi wisudawan tercepat yakni  program sarjana 3 tahun 6 bulan, program sarjana terapan adalah 3 tahun 9 bulan, program magister 1 tahun 8 bulan dan program doktor 1 tahun 10 bulan. 

Perolehan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi diperoleh wisudawan program sarjana 3.94, program sarjana terapan 3.89, program magister  3.95  dan program doktor 4.00.

Mahasiswa yang pernah menerima beasiswa dan diwisuda saat ini berjumlah 177 orang. 

 

Jumlah lulusan Ahli Madya, Seniman Karawitan, Sarjana Seni, Sarjana Terapan Seni, Magister dan Doktor dihitung semenjak masih berstatus Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Surakarta, Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Surakarta dan Institut Seni Indonesia Surakarta, total sebanyak 8.614 orang.

Semoga tulisan tentang Rektor ISI Surakarta Ajak Wisudawan  Bangga pada Almamater, dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Topik Menarik