Menperin Yakin Indonesia Mampu Bersaing di Industri Modifikasi Otomotif Global

Menperin Yakin Indonesia Mampu Bersaing di Industri Modifikasi Otomotif Global

Berita Utama | sindonews | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 01:30
share

Indonesia memang belum menjadi pemain besar di industri modifikasi otomotif global. Namun, ke depan peluang untuk tumbuh dan berkembang masih terbuka lebar.

Optimisme itu disampaikan Menteri Perindustrian (Menperin) RI Agus Gumiwang Kartasasmita di acara Opening Ceremony Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2024 di Hall 9-10 ICE BSD City, Tangerang, Jumat (4/9/2024).

"Share kita masih di bawah China, yang mendominasi pasar global dengan nilai 34 persen, kue pasar global dinikmati China. Sementara Amerika Serikat 28,8 Persen, Jerman 11 persen, Jepang 10 persen, Italia 6 persen, Korea Selatan 5 persen, Mexico 3,5 persen, Prancis 2,5 persen, India 2 persen, dan Inggris 2 persen," ujar Menperin Agus Gumiwang, dalam sambutannya di acara Opening Ceremony IMX 2024 di ICE BSD City, Jumat (4/10/2024).

Meski demikian, Menperin Agus menyatakan Indonesia memiliki potensi besar untuk bersaing di kancah global. Syaratnya, semua pihak harus bekerja keras dan konsisten dengan tugas masing-masing. "Kita harus mampu pahami tren terkini dan dinamika pasar agar dapat memacu industri kita menjadi lebih kompetitif sehingga manfaatkan peluang," katanya.

Baca Juga: Pameran IMX 2024 Resmi Digelar, Hadirkan Beragam Kendaraan Modifikasi Keren

Salah satu upaya yang bisa ditempuh adalah membuat pameran otomotif secara berkala. Lantaran itu dia menyambut baik gelaran IMX 2024. Dengan mengusung tema Road to The World, diharapkan industri modifikasi otomotif di Indonesia bisa bersaing di level global.

"Saya yakin akan semakin tumbuh. Oleh sebab itu pesan saya, jangan sampai nanti market yang sudah tumbuh semakin besar kita tidak siap dan tidak bisa mengisi market dengan produk-produk lokal yang dihasilkan kreator kita di dalam negeri," ujarnya.

IMX 2024 mengusung tema Road to The World, yang mempunyai misi untuk membawa karya-karya modifikator Indonesia ke internasional. Event ini menjadi ajang kolaborasi strategis antara pelaku dalam industri otomotif Indonesia dengan mitra global, serta memperkuat peran Indonesia dalam industri modifikasi kendaraan dunia.

Baca Juga: Meriahkan IMX 2024, Honda Bakal Hadirkan Model Ikonik dan Kompetisi Modifikasi

Sepanjang acara, IMX 2024 akan menghadirkan sejumlah tamu istimewa seperti Keiichi Tsuchiya, Rywire Ryan Basserie, Musa Musartwork, Liberty Walk Kato, Liberty Walk Toshi, serta tamu internasional lainnya. Berbagai kegiatan menarik juga akan digelar, termasuk Ultimate Builders Battle, IMX Garage Sale, IMX Auction, IMX Supergiveaway Car, IMX Community Meetup, IMX Lifestyle Magnet, IMX Exclusive Release, Sneaker Auction, dan IMX Reels Competition.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, yang juga hadir dalam acara ini menyambut baik kegiatan IMX 2024 karena merupakan ajang bertemu kreator, penggemar, industri, pedagang dan para pecinta otomotif.

"Tempat yang baik di mana kita bisa kolaborasi dan interaksi untuk menemukan kesenangan bersama. Walaupun di tengah situasi ekonomi tidak menentu, kita patut bangga memiliki anak muda yang sangat kreatif. Ketika bisnis lain menurun, kreativitas anak muda ini yang mampu jaga kelas menengah ekonominya berjalan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bambang optimistis gelaran IMX 2024 bisa meningkatkan nilai transaksi hingga Rp7 miliar.

"Saya yakin dan percaya pertemuan kita hari ini, pameran ini yang omset tahun lalu bisa Rp6,8 miliar. Saya yakin dengan antusias bisa meningkat jadi Rp7 miliar. Sekali lagi semangat dan bisa mendorong anak-anak muda lebih kreatif lagi," katanya.

Topik Menarik