8 Khasiat Jamu Beras Kencur yang Harus Anda Tahu, Salah Satunya Bisa Turunkan Berat Badan

8 Khasiat Jamu Beras Kencur yang Harus Anda Tahu, Salah Satunya Bisa Turunkan Berat Badan

Gaya Hidup | sindonews | Minggu, 22 September 2024 - 14:14
share

Kunjungan IShowSpeed ke Indonesia belakangan ini sukses mencuri perhatian. Usai di Bali, aksi Youtuber asal Amerika Serikat itu saat berkunjung ke Yogyakarta juga tak kalah menjadi sorotan.

Salah satunya, ketika Speed tiba-tiba penasaran dan menghampiri penjual yang sedang menjajakan jamu saat berkunjung ke sebuah pasar yang ada di Yogyakarta. Ia lantas penasaran untuk mencobanya.

“Can I get one jamu, please,” tanyanya kepada perempuan penjual jamu.

Baca Juga: 10 Hal Seru yang Dilakukan IShowSpeed di Yogyakarta, Jadi Mas-mas Jawa hingga Cicipi Beras Kencur

Speed kemudian mendapatkan secangkir jamu berisi beras kencur dan mulai menjajalnya. Ekspresinya tampak terkejut. Matanya bahkan sampai melotot.

“Ini terbuat dari apaan sih,” tanyanya lagi dalam bahasa Inggris.

“Ini beras kencur. Bagus untuk kesehatan,” kata si penjual jamu.

Jamu beras kencur merupakan minuman yang terbuat dari rimpang kencur. Minuman ini dipercaya penuh manfaat dan energi alami dari beras. Dikutip berbagai sumber, berikut deretan khasiat jamu beras kencur untuk kesehatan.

1. Meredakan Stres

Kencur memiliki kandungan etanol yang efektif membuat sistem saraf rileks. Hal ini juga berpengaruh pada kemampuan jamu beras kencur mengurangi tingkat stres dan rasa cemas. Konsumsi jamu ini tentu menjadi alternatif untuk menjaga kesejahteraan emosional yang alami.

2. Meningkatka Stamina

Beras mengandung karbohidrat alami yang baik. Oleh karena itu, ekstraknya pada beras kencur menjadi sumber energi yang sustainable. Selain itu, sifat adaptogen dari kencur efektif mengatasi stres, baik itu pada fisik maupun mental.

3. Meningkatkan Imun Tubuh

Kencur mengandung flavonoid yang mendorong produksi antibodi. Sementara itu, zat ini krusial untuk memerangi patogen dan infeksi. Tidak hanya itu, nutrisi dari beras membuat sistem imun juga berfungsi dengan optimal.

4. Meredakan Nyeri

Salah satu keajaiban kencur adalah kemampuannya meredakan rasa sakit. Ini karena kandungan etil asetat dan metil cinnamate di dalamnya.

Maka dari itu, minum beras kencur secara rutin dapat menghambat jalur nyeri di otak, baik itu nyeri otot, sendi, dan nyeri-nyeri lainnya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Dianggap Sepele Ini Ternyata Bisa Picu Diabetes

5. Menurunkan Berat Badan

Tahukah Anda bahwa jamu beras kencur bisa menurunkan berat badan? Kencur memiliki efek termogenik dan metabolisme yang mempercepat pembakaran kalori.

Tidak hanya itu, sifat diuretiknya mengurangi water retention dan mendukung detoksifikasi secara alami. Semua ini berguna dalam mengelola berat badan yang ideal.

6. Mengatasi Masalah Pencernaan

Terdapat senyawa yang merangsang sekresi enzim pada tanaman kencur. Berkatnya, proses mencerna makanan lebih lancar. Selain itu, sifat antispasmodiknya juga mencegah bloating, perut penuh gas, dan kram perut.

7. Meningkatkan Kesehatan Reproduksi

Salah satu khasiat untuk wanita dari jamu yang satu ini adalah meningkatkan kesehatan reproduksi. Antioksidan dalam kencur cukup kuat dan solid, sehingga mampu melindungi diri dari kerusakan sel. Tidak hanya itu, antioksidan ini juga mendukung fungsi hormonal yang lebih sehat.

8. Mencegah Penyakit Kronis

Mencegah radikal bebas masuk ke tubuh adalah tugas antioksidan. Ini bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi beras kencur. Diabetes dan penyakit jantung merupakan sedikit dari beberapa penyakit yang risikonya bisa ditekan karena antioksidan dalam kencur yang cukup kuat itu.

Topik Menarik