Timnas Indonesia U-16 Dapat Jatah Libur 10 Hari sebelum TC di Yogyakarta

Timnas Indonesia U-16 Dapat Jatah Libur 10 Hari sebelum TC di Yogyakarta

Olahraga | sindonews | Kamis, 4 Juli 2024 - 03:03
share

Timnas Indonesia U-16 mendapat jatah libur 10 hari usai mengikuti Piala AFF U-16 2024. Setelah itu, tim besutan Nova Arianto bakal melakukan pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta.

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir setelah mengikuti prosesi penyerahan penghargaan tim dan individu Piala AFF U-16 di Stadion Manahan Solo, Rabu (3/7/2024) malam.

"Jadi nanti akan libur 10 hari tadi pak Zaki melaporkan sebagi manajer, ia akan mulai lagi nanti gabung untuk di TC berikutnya di Yogyakarta," ujarnya.

Baca Juga: Timnas Indonesia Juara 3 Piala AFF U-16 2024, Nova Arianto: Ini Bukan Akhir!

Timnas U-16 sendiri dalam keikutsertaannya di AFF U-16 2024 hanya mampu menempati peringkat ke 3. Meski demikian Erick menyebut bahwa secara keseluruhan kualitas Timnas Indonesia U-16 setara dengan tim-tim besar Australia, Thailand dan Vietnam.

"Yang pasti pemain sudah bermain baik. Kalau kita lihat juaranya Australia. Kita kalah dari Australia, Thailand nomer 2. Tapi Kalau saya boleh yakini kita tidak kalah kelas dari mereka. Kalau kita lihat kemenangan 5-0 dengan Vietnam adalah hal yang membuktikan kita tidak kalah kelas," katanya.

Sementara itu, Nova Arianto mengatakan, pihaknya sengaja tidak menetapkan target khusus untuk ajang AFF U-16. Para pemain hanya ditekankan untuk bisa mengontrol ritme pertandingan, dan meminimalisir kesalahan individu.

Baca Juga: Australia Juara Piala AFF U-16 2024 usai Bungkam Thailand

"Kalau bicara target saya tidak memberikan target kepada mereka. Karena Timnas U-16 ini adalah generasi-generasi baru. Pastinya banyak pelajaran, bagaimana kita bisa kontrol pertandingan, mengatur ritme pertandingan, kesalahan-kesalahan individu yang tidak perlu adalah pelajaran bagi mereka," beber Nova.

Nova sendiri menyebut bahwa 70 persen pemain dari skuad saat ini layak dipertahankan untuk melanjutkan persiapan menuju Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Melihat persentase tersebut, artinya ada 16 nama yang kemungkinan tetap bertahan.

"Kalau soal berapa persennya, mungkin yang bisa saya lihat sekarang ada sekitar 70 persen pemain dari skuad Timnas Indonesia U-16 yang bisa dipertahankan," ujar juru taktik asal Semarang tersebut.

Topik Menarik