Kenapa Handball Marc Cucurella Tak Dianggap Wasit? Ini Penjelasannya

Kenapa Handball Marc Cucurella Tak Dianggap Wasit? Ini Penjelasannya

Olahraga | inews | Sabtu, 6 Juli 2024 - 09:33
share

STUTTGART, iNews.id - Kenapa handball bek Spanyol Marc Cucurella tak dianggap wasit menjadi pertanyaan pencinta sepak bola. Momen ini terjadi di perempat final Euro 2024 saat La Furia Roja melawan Jerman, Jumat (5/7/2024) malam WIB.

Kejadian ini tepatnya terjadi pada babak tambahan tepatnya menit ke-105. Tendangan pemain Jerman Jamal Musiala mengenai tangan Cucurella yang berada di kotak penalti.

Secara kasat mata jelas ini merupakan handball. Tapi wasit Anthony Taylor enggan memberikan penalti kepada tuan rumah Jerman.

Dia sempat berdiskusi dengan wasit Video Assistant Referee (VAR) Stuart Attwell mengenai hal tersebut. Keputusannya bulat, tidak ada penalti untuk Der Panzer.

Dikutip dari ESPN,kepala wasit UEFA Roberto Rossetti menjelaskan insiden Cucurella tidak termasuk handball. Sebab lengan pemain Chelsea itu dalam posisi vertikal atau sedang tidak melebarkan tangan.

Rosetti menjelaskan sebelum turnamen para wasit dijelaskan lengan bek yang berada dalam posisi vertikal, dekat dengan badan, dan tidak direntangkan, tidak menjadi penalti.

Terlepas dari hal tersebut, duel Spanyol vs Jerman berlangsung panas. Taylor mengeluarkan 14 kartu kuning dan 1 kartu merah dari sakunya.

Kartu merah didapat bek Spanyol Dani Carvajal. Itu artinya sang defender Real Madrid bakal absen di semifinal melawan Prancis, Rabu (10/7/2024).

Spanyol mencetak gol lebih dulu via torehan Dani Olmo menit ke-51. Jerman secara dramatis menyamakan kedudukan menit ke-89 via aksi Florian Wirtz.

Di babak tambahan Mikel Mireno jadi pahlawan Spanyol. Pemain Real Sociedad itu mencetak gol penentu kemenangan menit ke-119.

Topik Menarik