Lewis Hamilton Dikabarkan Tertarik Beli Tim MotoGP Gresini Racing

Lewis Hamilton Dikabarkan Tertarik Beli Tim MotoGP Gresini Racing

Berita Utama | sindonews | Selasa, 2 Juli 2024 - 00:45
share

Bintang Formula 1 (F1), Lewis Hamilton, dikabarkan tertarik untuk membeli tim MotoGP. Kabarnya, tim yang ingin dibelinya itu adalah Gresini Racing, yang saat ini menjadi tim satelit Ducati.

Menurut laporan The Race yang dilansir pada Selasa (2/7/2024), sumber terdekat mereka pertama kali mengatakan pada awal pekan balapan di GP Belanda 2024 kemarin bahwa Hamilton ingin membeli Gresini Racing. Kemudian hal tersebut dikonfirmasi oleh banyak orang.

Hamilton disebut telah menyatakan mintarnya untuk mengakuisisi Gresini dari pemiliknya saat ini, yaitu Nadia Padovani. Bahkan, seseorang yang berada dalam lingkaran dekat bintang asal Inggris itu diyakini hadir bersama Gresini di Assen pada akhir pekan lalu.

Baca Juga: Kecelakaan, Nasib Alex Rins Belum Jelas di MotoGP Jerman 2024

Sosok tersebut diyakini mewakili sang pembalap Mercedes untuk meneliti kelayakan komersial untuk mengambil alih Gresini. Bahkan, ada yang menyebut bahwa proses negosiasinya sudah mulai berjalan.

MotoGP sendiri saat ini sedang dalam proses diakuisisi oleh pemilik F1, Liberty Media. Alhasil, bakal sangat sempurna bagi Liberty, jika seorang juara dunia tujuh kali F1, yang merupakan penggemar berat MotoGP, terlibat secara signifikan dalam tim barunya di ajang balap motor paling bergengsi di dunia itu.

Jika sukses membeli Gresini, Hamilton juga tak perlu pusing-pusing memikirkan masalah keuangan timnya. Bahkan, dia diprediksi bakal mendapat keuntungan besar dengan risiko keuangan yang sangat kecil.

Pasalnya, pembalap berusia 39 tahun itu sudah memiliki sponsor pribadi dan sponsor tim Mercedes yang sudah terlibat dalam MotoGP saat ini dan kemungkinan besar mereka akan dengan mudah dibujuk untuk membantu tim Gresini nanti. Beberapa calon penyokong mereka di antaranya adalah Petronas dan Monster Energy yang namanya sendiri sudah lama dikenal di MotoGP.

Sebagai informasi, Gresini merupakan salah satu tim paling terkenal di MotoGP sejak pertengahan 1990-an. Mereka membawa nama-nama besar seperti Daijiro Kato, Toni Elias dan Jorge Martin meraih juara di kelas bawah. Sementara bintang-bintang seperti Sete Gibernao, Marco Melandri, mendiang Marco Simoncelli hingga Enea Bastianini telah berjuang memperebutkan gelar juara MotoGP dan meraih kemenangan untuk mereka.

Pada 2015 lalu, Gresini sempat menjadi tim pabrikan Aprilia. Baru pada 2021, mereka diambil alih oleh Nadia Padovani setelah meninggalnya sang suami sekaligus pendiri tim, Fausto Gresini.

Gresini baru kembali menjadi tim satelit dengan mesin Ducati pada MotoGP 2022 lalu. Mereka terus berkembang menjadi salah satu yang terkuat sejak itu dengan mencetak kemenangan balapan utama dan sprint bersama Bastianini, Fabio Di Giannantonio dan Alex Marquez, hingga akhirnya merekrut sang mega bintang, Marc Marquez dari Repsol Honda pada musim 2024 ini.

Sementara Hamilton, bukan kali pertama berkecimpung menjadi bagian kepemilikan tim olahraga, baik di dunia balap maupun yang lainnya. Dia merupakan pemilik tim X44, yang hingga musim ini berkompetisi dalam seri balap off-road listrik Extreme E, yang meraih gelar juara pada 2022 lalu bersama Cristina Gurierrez dan Sebastien Loeb.

Selain itu, Hamilton juga merupakan bagian dari kelompok pemilik yang mengakuisisi tim American Football, Denver Broncos pada 2022 silam. Dia bermitra dengan mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Condoleezza Rice, untuk bergabung dengan kelompok investasi yang dijalankan oleh pewaris Walmart, Rob Walton.

Topik Menarik