Beredar Imbauan Seluruh Dokter PB IDI Pakai Pita Hitam Selama 7 Hari, Bentuk Solidaritas Dekan FK Unair yang Dipecat

Beredar Imbauan Seluruh Dokter PB IDI Pakai Pita Hitam Selama 7 Hari, Bentuk Solidaritas Dekan FK Unair yang Dipecat

Berita Utama | okezone | Kamis, 4 Juli 2024 - 15:00
share
 

KABAR dipecatnya Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) Prof. Dr. dr. Budi Santoso gegara menolak naturalisasi dokter asing memicu respons dari teman sejawat.

Beredar imbauan bagi para dokter dalam naungan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) untuk mengenakan pita hitam selama tujuh hari sebagai bentuk solidaritas dokter. Kabar ini diterima MNC Portal melalui grup WhatsApp PB IDI, pagi ini, Kamis, 4 Juli 2024.

"Seluruh Ketua IDI Wilayah. Seluruh Ketua IDI Cabang, saatnya pakai pita hitam selama 7 hari sebagai bentuk solidaritas dokter," tulis imbauannya.

Dalam imbauan tersebut juga ada pernyataan seperti ini, 'Kstaria Airlangga sedang terluka saat berjuang menegakkan jiwa nasionalisme'. Pernyataan itu di-bold, mungkin dimaksud sebagai penegasan.

 

Pita hitam dikenakan umumnya di lengan kiri atau kanan. Ini sekali lagi sebagai simbol solidaritas para dokter PB IDI terhadap Prof Budi Santoso yang dipecat diduga kuat setelah memberikan pernyataan penolakan program naturalisasi dokter asing.

Perlu diinformasikan bahwa dukungan terhadap Prof Budi Santoso tidak hanya dalam bentuk mengenakan pita hitam, tapi hari ini juga rencananya akan diselenggarakan aksi damai di Patung FK Unair dengan tema 'Save Prof BUS Dekan Kita, Save Dokter Indonesia'.

Aksi damai tersebut direncanakan dimulai pukul 11.30 WIB. Orator yang bertugas adalah para Guru Besar dan Alumni FK Unair dengan tema 'Kembalikan Kebebasan Berpendapat Dokter Indonesia, Aset Bangsa'.

Topik Menarik