Israel Diserang Virus West Nile, 11 Orang Tewas 150 Lebih Dirawat

Israel Diserang Virus West Nile, 11 Orang Tewas 150 Lebih Dirawat

Berita Utama | inews | Kamis, 4 Juli 2024 - 18:29
share

TEL AVIV, iNews.id - Israel dilanda wabah virus West Nile. Hingga Kamis (4/7/2024), penyakit menular ini telah menewaskan 11 orang.

Kementerian Kesehatan Israel menyatakan, sejauh ini 153 orang terinfeksi West Nile dan menjalani perawatan di rumah sakit. Pasien terbanyak berada di wilayah tengah Israel. Mereka umumnya mengalami demam tinggi.

Pihak berwenang juga mendesak pejabat setempat untuk mengintensifkan pemantauan dan pemberantasan nyamuk serta menekankan pentingnya kesadaran dan pencegahan. Virus ini ditularkan ke manusia melalui nyamuk yang memakan burung yang terinfeksi. Selain demam, gejala penyakit ini adalah sakit kepala, mudah lelah, serta nyeri tubuh, mual dan muntah.

Wilayah terparah yang dilanda wabah West Nile adalah Sharon. Para korban dirawat di Meir Medical Center. 

Virus ini menyebabkan banyak pasien dalam kondisi kritis, dirawat secara intensif di ICU. Para pasien memerlukan ventilator dan obat-obatan khusus untuk membantu tetap bertahan hidup.

lantas, pakah virus West Nile dapat menyebar antar manusia? Jerusalem Post melaporkan, virus ini tidak menyebar ke sesama manusia.

Meski begitu, manusia tetap diperingatkan untuk waspada, terlebih jika menunjukkan gejala-gejala.

Topik Menarik