KPK Rampungkan Klarifikasi Kaesang Terkait Jet Pribadi: Pengumuman Hasil Segera

KPK Rampungkan Klarifikasi Kaesang Terkait Jet Pribadi: Pengumuman Hasil Segera

Terkini | pandeglang.inews.id | Selasa, 24 September 2024 - 09:10
share

JAKARTA, iNewsPandeglang.id Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah merampungkan analisis klarifikasi terkait penggunaan jet pribadi oleh Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo. Kaesang memberikan klarifikasi kepada KPK pada Selasa, 17 September 2024, terkait perjalanannya ke Amerika Serikat bersama sang istri, Erina Gudono. 

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan, mengonfirmasi bahwa hasil analisis tersebut telah selesai dan telah diserahkan kepada pimpinan KPK. "Sudah rampung (analisis klarifikasi), hari ini saya kirim ke pimpinan," ujar Pahala kepada wartawan pada Senin, 23 September 2024.

Pahala juga menambahkan bahwa pengumuman resmi mengenai hasil klarifikasi tersebut diperkirakan akan disampaikan besok, Selasa, 24 September 2024. "Pengumuman kayaknya besok, ya," imbuhnya.

Klarifikasi ini terkait penggunaan jet pribadi yang dilakukan Kaesang dan istrinya saat melakukan perjalanan ke AS pada Agustus 2024. Kaesang menyebut bahwa jet pribadi yang ditumpanginya tersebut adalah milik seorang teman. 

"Tadi saya mengklarifikasi mengenai perjalanan saya tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat. Saya hanya nebeng pesawat teman saya," ungkap Kaesang saat dimintai keterangan di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan.

 

Meski begitu, Kaesang enggan menyebutkan nama temannya yang memberikan tumpangan jet pribadi tersebut, dan menyarankan agar informasi lebih lanjut ditanyakan langsung ke KPK. "Untuk lebih lanjutnya bisa ditanyakan ke KPK," ujar Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu.

Klarifikasi ini merupakan bagian dari proses pencegahan dan monitoring gratifikasi oleh KPK. Publik kini menunggu hasil resmi yang akan diumumkan oleh pimpinan KPK terkait hal tersebut. 

Hasil analisis klarifikasi ini diharapkan dapat memberikan kejelasan atas dugaan penggunaan fasilitas mewah oleh Kaesang. KPK sendiri terus memastikan setiap proses klarifikasi berjalan sesuai aturan dan transparansi untuk menjaga integritas dari lembaga negara.

Dengan hasil klarifikasi yang akan segera diumumkan, publik diharapkan tetap bersabar menunggu informasi resmi dari KPK mengenai penggunaan jet pribadi oleh Kaesang Pangarep. Ini menjadi bukti keseriusan KPK dalam menindaklanjuti isu gratifikasi dan memastikan setiap pejabat atau tokoh publik bertindak sesuai hukum.

Topik Menarik