Viral Bocah 2 Tahun Tewas Terlindas Mobil Tetangga akibat Blind Spot, Pahami Titik Buta!

Viral Bocah 2 Tahun Tewas Terlindas Mobil Tetangga akibat Blind Spot, Pahami Titik Buta!

Otomotif | inews | Senin, 27 Mei 2024 - 22:33
share

JAKARTA, iNews.id - Peristiwa mengerikan terjadi di Sidoarjo, Jawa Timur, saat sebuah mobil Toyota Fortuner melindas bocah berusia 2 tahun di kawasan perumahan. Diduga, bocah tersebut berada dalam area blind spot (titik buta) sehingga pengemudi SUV tersebut tidak menyadari keberadaan balita tersebut.

Rekaman video detik-detik bocah terlindas Fortuner tersebut viral setelah diunggah akun X (Twitter) @PelatihT1dur. Peristiwa itu diketahui terjadi di Perum Quality Riverside, Desa Gamping, Kecamatan Krian, Sidoarjo, Jawa Timur.

"Balita berusia 2 tahun di Sidoarjo tewas terlindas mobil Toyota Fortuner yang dikendarai tetangganya," bunyi unggahan video @PelatihT1dur.

Dalam video tersebut terlihat seorang balita berlari di pinggir jalan tanpa pengawasan orang tuan. Saat di perempatan jalan tiba-tiba sang bocah menyeberang, namun dari arah samping muncul Fortner berwarna putih dan menabraknya. Diduga saat sang bocah terjatuh ke kolong tubuhnya terlindas ban belakang mobil.

Warga yang berada di lokasi kejadian menghentikan mobil tersebut dan mengevakuasi bocah. Seorang pria mengangkat tubuh bocah tersebut, berusaha melakukan pertolongan. Namun, tidak diketahui bagaimana kelanjutannya.

Belajar dari kecelakaan tersebut, penting bagi pengemudi mobil, khususnya jenis SUV besar untuk memahami titik buta (blind spot). Semakin besar dan tinggi mobil dikendarai, maka area blind spot semakin luas.

Dilansir dari laman Auto2000, berikut area blind spot alias titik buta pada mobil.

  1. Perhatikan sisi kanan atau kiri bagian belakang mobil saat berada pada jalan dua jalur, terutama untuk mobil yang memiliki pilar tebal. Ini karena jarak pandang ke belakang kanan dan kiri terbatas.

2. Perhatikan seperempat sisi belakang kendaraan saat hendak berbelok. Ketika ada sepeda motor atau bocah pada area ini, maka menjadi salah satu penyebab paling umum terjadi benturan.

3. Belakang mobil persis, terutama untuk mobil yang dengan area pandang belakang tertutup, seperti tipe mobil box, dump truck, dan sebagainya.

4. Pejalan kaki yang muncul saat kondisi macet. Biasanya, mereka menyelip di antara kendaraan sehingga tak terlihat oleh pengemudi.

5. Pengemudi motor yang melakukan manuver dari belakang masuk ke jalur di depan mobil. Hal ini juga kadang luput dari pandangan pengemudi mobil. Untuk itu, pengemudi harus selalu waspada, terutama ketika berkendara di jalanan yang macet.

Topik Menarik