Suzuki Siap Hentikan Produksi Ignis dan Jimny demi Pengembangan Mobil Listrik

Suzuki Siap Hentikan Produksi Ignis dan Jimny demi Pengembangan Mobil Listrik

Otomotif | sindonews | Minggu, 30 Juni 2024 - 08:00
share

Suzuki diperkirakan akan menghentikan produksi model Ignis, Jimny LCV, Swace dan Swift Sport di Inggris dalam beberapa bulan mendatang saat merek tersebut bersiap meluncurkan mobil listrik pertamanya.

BACA JUGA - Goyang Suzuki Ignis, Nissan Siap Kenalkan SUV Kecil 1.000cc

Keputusan tersebut diambil karena mandat kendaraan tanpa emisi (ZEV) di Inggris, yang memaksa produsen untuk menjual kendaraan listrik dalam jumlah yang semakin banyak selama dekade berikutnya.

Jumlahnya dimulai dari 22 persen pada tahun 2024 dan meningkat menjadi 28 persen pada tahun 2025 dan kemudian menjadi 80 persen pada tahun 2030.

Produsen akan menghadapi denda sebesar £15.000 untuk setiap mobil ICE yang terjual di atas harga yang diizinkan.

Direktur Suzuki UK Dale Wyatt mengatakan: “Kepergian model ini akan memberi ruang bagi kendaraan listrik dan memungkinkan kami bersaing dalam periode di mana rasio penjualan produk hibrida terhadap kendaraan listrik akan mendorong bisnis kami,'' tuturnya seperti dilansir dari Carscoops.

“Kami akan keluar dari era ICE dengan fokus pada SUV dan Swift baru, kemudian mulai paruh kedua tahun 2025, kami akan memulai periode pertumbuhan EV.” dia menambahkan.

Komentarnya mengisyaratkan hot hatch Swift Sport yang dijual sejak 2006 tidak akan kembali pada model generasi ini.

Suzuki UK menambahkan bahwa model tersebut dapat meninggalkan ruang pamernya "lebih awal dari awal tahun 2025 jika stok diler habis".

Perubahan tersebut berarti bahwa satu-satunya mobil bermesin bensin yang tersisa di jajaran merek Jepang di Inggris adalah Swift, Vitara, S-Cross, dan Across.

Mereka memperkirakan jumlah penjualan yang sama untuk tahun ini seperti pada tahun 2023.

Menurut angka dari Asosiasi Produsen dan Dealer Motor, mereka menjual 26.574 mobil tahun lalu, meningkat menjadi 17.378 pada tahun 2022.

Suzuki telah mengisyaratkan EV pertamanya dengan konsep eVX, berukuran kira-kira antara S-Cross dan Vitara.

Ia memiliki baterai 60kWh yang diklaim mampu menghasilkan jarak tempuh 550km.

Topik Menarik