Kona Listrik Ditawarkan Seharga Rp500 Jutaan, Amunisi Baru Hyundai Hadapi Mobil Listrik China

Kona Listrik Ditawarkan Seharga Rp500 Jutaan, Amunisi Baru Hyundai Hadapi Mobil Listrik China

Otomotif | serpong.inews.id | Kamis, 30 Mei 2024 - 16:10
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Kehadiran sejumlah merek mobil asal China membuat persaingan pasar otomotif di Indonesia semakin ketat. Kompetisi terjadi terutama pada kendaraan listrik (electric vehicle/EV).

Pabrikan China masuk dengan membawa teknologi baru dan harga yang lebih kompetitif dibandingkan dengan brand yang sudah ada di Indonesia. Ini terutama terlihat di segmen sport utility vehicle (SUV) elektrik.

Menghadapi hal ini, pabrikan otomotif asal Korea, Hyundai, tidak tinggal diam. Mereka menyiapkan amunisi baru yaitu Hyundai Kona listrik.

Daya Jangkau Lebih Jauh

Mobil ini diklaim mengusung banyak teknologi baru dengan daya jangkau baterai yang sangat jauh, di atas 600 kilometer. Selain itu, harga Kona elektrik dijual lebih kompetitif di rentang harga Rp500 jutaan.

"Kisaran harganya berada di Rp500 jutaan. Harga tersebut sudah kita pantau sejak dari IIMS bulan Februari," ujar Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Fransiscus Soerjopranoto (Frans), di PIK 2, Jakarta, Jumat (24/5/2024).

Peluncuran mobil listrik ketiga Hyundai ini dijadwalkan akan dilakukan bersamaan dengan peresmian pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat.

"Bahkan Menteri Perekonomian sudah membocorkan peluncuran dan delivery-nya. Jadi pada saat pabrik baterai itu berdiri, kita mulai kirim ke konsumen dan waktunya tidak lama lagi," kata Frans.

Kona listrik akan diproduksi di fasilitas pabrik Cikarang, Jawa Barat, menggunakan baterai produksi lokal dari pabrik HLI Green Power. Pabrik ini merupakan kemitraan antara Hyundai Motor Company, LG Energy Solution, dan Indonesia Battery Corporation.

"Jadi mobil ini menggunakan baterai nikel buatan lokal. Ini menjadikan Kona sebagai mobil listrik pertama dengan konten lokal di atas 60 persen," ujar Frans.

Hyundai Kona listrik akan bersaing dengan rival terdekatnya seperti Chery Omoda E5, BYD Atto, dan MG HS EV. SUV listrik ini dijual di rentang harga Rp400-Rp500 jutaan. (*)

Topik Menarik