Toyota, Subaru, dan Mazda Bersatu Bikin Mesin Tenaga Listrik Baru

Toyota, Subaru, dan Mazda Bersatu Bikin Mesin Tenaga Listrik Baru

Otomotif | sindonews | Kamis, 30 Mei 2024 - 15:45
share

3 pemain industri otomotif Jepang yakni Subaru Corporation (Subaru), Toyota Motor Corporation (Toyota), dan Mazda Motor Corporation (Mazda) berjanji akan bekerja sama memproduksi mesin generasi baru berteknologi listrik dan menggunakan bahan bakar karbon netral.

BACA JUGA - Mobil Listrik Baru Renault Terinspirasi Mobil Klasik

Seperti dilansir dari Carscoops, melalui kerjasama 3 perusahaan ini akan dihasilkan mesin baru berdasarkan desain yang lebih baik dengan integrasi motor listrik, baterai dan juga komponen kelistrikan lainnya. Mesin baru ini juga dapat beroperasi dengan berbagai bahan bakar bebas karbon lainnya.

Kolaborasi ketiga perusahaan ini juga bekerjasama untuk menghasilkan mesin kompak dan baterai yang lebih kecil dan mudah diintegrasikan ke dalam powertrain. Mesin yang kecil dan kompak ini akan memudahkan para desainer dalam membuat desain kap mesin yang lebih rendah dan meningkatkan aerodinamis kendaraan.

Secara tidak langsung desain yang lebih baik ini akan membantu mengurangi emisi gas karbon dioksida dan mengurangi konsumsi bahan bakar. Untuk saat ini Toyota sedang mengembangkan mesin baru 4 silinder 1500cc dan juga 2000cc

Upaya juga dilakukan Mazda yang sedang mengembangkan mesin rotari generasi baru yang akan berperan sebagai generator sistem hybrid. Subaru pun mengembangkan mesin boxer yang lebih kompak dan memadukannya dengan sistem hybrid

Topik Menarik