Penyebab Motor Ngebul, Jadi Pertanda Komponen Ini Rusak

Penyebab Motor Ngebul, Jadi Pertanda Komponen Ini Rusak

Otomotif | inews | Minggu, 30 Juni 2024 - 07:25
share

JAKARTA, iNews.id - Saat di perjalanan kerap terlihat motor ngebul mengeluarkan asap putih atau hitam dari knalpot. Selain merusak pemandangan, juga menyebabkan polusi udara

Apa sebenarnya penyebab motor ngebul? Dilansir dari laman Suzuki terdapat enam faktor yang menjadi penyebab motor mengeluarkan asap, sebagai berikut.

1. Kerusakan Karburator

Kerusakan karburator merupakan salah satu penyebab umum dari motor yang ngebul. Selain itu, kondisi karburator yang kotor juga memicu kondisi tersebut. 

Endapan kotoran akan menyumbat saluran bahan bakar sehingga alirannya tidak bisa memasuki karburator. Dampaknya adalah campuran bahan bakar pada karburator tidak dapat bekerja secara optimal. 

Hal tersebutlah yang kemudian membuat asap keluar dari knalpot motor. Tidak hanya itu, karburator yang tidak diatur dengan tepat juga dapat menyebabkan moto ngebul. 

2. Malfungsi Sistem Pendingin

Malfungsi pada sistem pendingin biasanya terjadi akibat dua faktor. Pertama, memburuknya kondisi radiator. Kedua, kerusakan pada kipas pendingin. 

Radiator yang mengalami kebocoran atau kotor akan menghambat proses perpindahan panas yang berasal dari mesin menuju udara sekitar. Bila terhambat, maka mesin akan mengalami overheat lalu membuat motor ngebul.

Sementara itu, kipas pendingin tidak bekerja dengan baik akan membuat mesin mengalami kenaikan suhu secara drastis. Motor pun akan mengeluarkan asap karena kondisi tersebut. 

3. Campuran Bahan Bakar

Bahan bakar harus disesuaikan dengan standar dan spesifikasi motor. Bila tidak sesuai, maka proses pembakaran akan terganggu. Lalu, asap pada knalpot terbentuk dan membuat kondisi ngebul. 

Tidak hanya itu, motor yang ngebul juga dipicu dari kualitas oli yang rendah. Ini mengingat kinerja pembakaran yang kurang maksimal sehingga membuat motor mengalami ngebul. Sebab itu, selalu gunakan oli berdasarkan rekomendasi dari produsen motor Anda.

Jangan sampai oli motor terlalu encer. Ini mengingat tingkat keenceran pada oli memengaruhi performa mesin. Bila terlalu encer, oli akan masuk ke ruang pembakaran lalu menyatu bersama bensin.  

Perhatikan pula kesesuaian antara bahan bakar dengan motor. Ketidaksesuaian spesifikasi bahan bakar membuat hasil campuran kurang ideal. Efeknya adalah motor akan ngebul dan mengeluarkan asap berlebihan. 

4. Mesin Aus

Faktor yang memicu keausan pada mesin salah satunya adalah penyusutan cincin piston dan piston. Apabila kondisi ini terjadi, maka pembakaran mesin motor kurang efisien. Lalu, knalpot motor menghasilkan asap berlebihan.

Penyebab aus pada mesin selanjutnya adalah kerusakan klep. Ketika klep tidak bisa berfungsi secara optimal, kompresi pada mesin juga terganggu. Hal tersebut mendorong asap keluar dari knalpot saat motor digunakan. 

Mesin yang aus pun bisa terjadi akibat kebocoran di sistem peredam. Masalah tersebut membuat udara yang memasuki mesin jadi tidak terkontrol. Hasilnya, proses pembakaran pun kurang maksimal. 

5. Pengapian Kurang Optimal

Motor ngebul juga bisa dipicu oleh sistem pengapian yang kurang optimal. Anda perlu memahami kondisi busi berperan dalam memastikan sistem pengapian berjalan lancar. 

Busi dapat menjadi kotor karena terdapat pembentukan lapisan karbon di atas komponen elektroda busi. Lalu, elektroda yang retak atau aus akan membuat busi rusak. Jika kondisi busi tidak baik, maka kinerja sistem pengapian pun ikut menurun.

Masalah satu ini sering diabaikan mengingat ukuran busi yang kecil. Kerusakan busi termasuk salah satu penyebab motor ngebul. 

6. Knalpot Bermasalah

Kondisi knalpot bisa menjadi faktor penyebab motor ngebul. Terdapat jenis knalpot yang menyemburkan oli di bagian tertentu ketika digunakan. 

Dampak yang terjadi adalah gas yang berasal dari emisi akan memanas lalu menghasilkan asap putih pada knalpot. 

Topik Menarik