Gagal Juara, Satria Muda Minta Format Playoff IBL Diganti

Gagal Juara, Satria Muda Minta Format Playoff IBL Diganti

Olahraga | inews | Selasa, 6 Agustus 2024 - 23:16
share

TANGERANG, iNews.id- Satria Muda (SM) gagal juara IBL 2024 usai kalah lawan Pelita Jaya Jakarta, Minggu (4/8/2024). Pelatih SM, Youbel Sondakh kini berharap format playoffs musim depan diubah.

Satria Muda harus mengakui keunggulan Pelita Jaya setelah kalah dengan skor 65-73 dalam gim ketiga yang digelar di Indoor Arena Indomilk Arena, Tangerang, Minggu (4/8/2024) malam WIB. Hasil tersebut membuat Pelita Jaya menang 2-1 pada format best of three.

Youbel menilai penyelenggaraan IBL 2024 sudah berjalan dengan sangat baik dan membuat momentum antusiasme basket di Indonesia meningkat. Namun dia memberikan saran agar playoffs tahun depan menggunakan format best of five, alih-alih best of three.

"IBL sudah bekerja bagus selama satu musim ini. Banyak pertandingan yang bisa di highlight, dan kalau bisa playoff jadi best-of-five. Momentum basket lagi bagus banget untuk saat ini. Sayang kalau dilewatkan," kata Youbel, dilansir dari laman resmi IBL, Selasa (6/8/2024).

Perubahan format dari best of three menjadi best of five tentunya membuat jumlah pertandingan playoffs akan menjadi lebih banyak. Pasalnya, dengan begitu minimal tiap babak playoffs harus dimainkan tiga kali dan jika skor terus berimbang bisa digelar lima laga.

Kekalahan dari Pelita Jaya membuat Satria Muda gagal menambahkan koleksi trofi IBL di lemari mereka. Kendati demikian, klub yang bermarkas di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara, itu masih menjadi klub dengan gelar terbanyak, yakni 12.

Terakhir kali Arki Wisnu dan kolega meraih gelar juara ialah pada 2022 lalu. Mereka mampu back-to-back menjadi raja di Tanah Air seusai menang pada musim 2021 dan 2022.

Sementara itu, bagi Pelita Jaya ini adalah gelar keempat mereka. Terakhir kali tim asal Jakarta itu menjadi juara ialah pada 2017 silam.

Topik Menarik