Hadiri Pembukaan PON XXI Aceh-Sumut, Pj Gubernur Sultra Beri Motivasi dan Semangat Kontingen

Hadiri Pembukaan PON XXI Aceh-Sumut, Pj Gubernur Sultra Beri Motivasi dan Semangat Kontingen

Olahraga | kendari.inews.id | Selasa, 10 September 2024 - 00:40
share

ACEH BESAR,iNewsKendari.id - Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto, memotivasi dan memberikan semangat kontingen Sultra yang berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang diselenggarakan di Aceh - Sumatera Utara (Sumut).

Hal ini dilakukan Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto, saat kunjungan kerja di Aceh, menghadiri upacara pembukaan PON XXI Aceh-Sumut, Senin (9/9/2924).

PON merupakan ajang olahraga nasional terbesar di Indonesia, diselenggarakan setiap empat tahun sekali, diikuti semua provinsi.

Rencananya, PON XXI akan berlangsungpada tanggal 8-20 September 2024di Aceh - Sumatera Utara.

Pada kesempatan ini, Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto, bertolak ke Waduk Keliling, Aceh Besar, untuk memberikan dukungan secara langsung kepada atlet cabang olahraga (cabor) dayung Kontingen Sultra yang akan bersiap bertanding.

Saya datang untuk memotivasi dan memberikan semangat untuk atlet kita yang akan bertanding. Hari ini (Senin, 9 September 2024) yang akan persiapan bertanding Cabor dayung, ungkapnya.

Cabor dayung sendiri merupakan salah satu Cabor unggulan dari 29 Cabor yang dikirimkan oleh Provinsi Sultra.

Cabor dayung Sultra mengirimkan atletnya untuk tiga nomor yang dipertandingkan yakni _rowing_, _canoeing_, serta _traditional boat race_ (TBR).

Selain menengok atlet Cabor dayung di Waduk Keliling sekitar 45 menit perjalanan dari Banda Aceh , Andap juga meluangkan waktu untuk bertemu dan makan siang bersama atlet Sultra yang berada di Banda Aceh, antara lain atlet dari cabor Hapkido, Selam, Kempo, dan Panahan, untuk memberikan semangat untuk berlaga esok hari (Selasa, 10 September 2024) di ajang PON XXI.

Dalam kunjungan tersebut, Andap mengapresiasi atas capaian sementara para atlet yang berhasil menyumbangkan satu medali emas pada cabor softball putri dan dua medali perak serta satu medali perunggu di cabor dayung nomor canoeing.

Alhamdulillah, atas nama pemerintah dan masyarakat Sulawesi Tenggara, saya mengapresiasi atas raihan prestasi ini. Terima kasih telah mengharumkan nama Sulawesi Tenggara di ajang PON XXI. Kami semua bangga akan pencapaian kalian, ujar Andap.

Prestasi ini menjadi bukti kerja keras kalian, namun perjuangan belum selesai. Tetaplah semangat dan fokus, berikan yang terbaik untuk Sulawesi Tenggara, imbuhnya.

Mengakhiri kunjungannya Pj Gubernur Sultra, Anap Budhi Revianto, menitipkan pesan agar Atlet yang akan bertanding untuk menjaga kesehatan dan Cabor lainnya agar berjuang maksimal dan menunjukkan prestasi terbaiknya.

Mari kita tunjukan kepada dunia dan kepada Indonesia bahwa kita mampu berkompetisi, semoga Allah Subhanahu wa ta'ala memberikan prestasi terbaiknya untuk Sulawesi Tenggara, tutup Pj Gubernur.

Sebelumnya, untuk mendukung Kontingen Sultra dalam gelaran PON XXI, Pemprov Sultra telah mengalokasikan dukungan dana hibah kepada KONI Sultra sebesar Rp11 miliar melalui Surat Keputusan Gubernur Nomor 100.3.3.1/110 Tahun 2024 tentang Penetapan Hibah Daerah Kepada Lembaga/Organisasi Masyarakat Provinsi Sultra Tahun 2024. Dengan alokasi khusus untuk kegiatan PON mencapai Rp7,4 miliar.

Topik Menarik