Hasil Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024: Veddriq Leonardo ke Perempat Final, Rahmad Adi Tersingkir

Hasil Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024: Veddriq Leonardo ke Perempat Final, Rahmad Adi Tersingkir

Olahraga | inews | Selasa, 6 Agustus 2024 - 19:18
share

PARIS, iNews.id- Dua atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo dan Rahmad Adi Mulyono bernasib beda di kualifikasi nomor speed putra Olimpiade Paris 2024. Veddriq menembus perempat final, sedangkan Rahmad harus terhenti.

Perlombaan berlangsung di babak kualifikasi yang berlangsung di Le Bourget Climbing Venue, Selasa (6/8/2024) malam WIB.

Veddriq dan Rahmad mengawali laga kualifikasi di babak seeding heats terlebih dahulu. Pada babak ini, kedua atlet andalan Tanah Air itu sama-sama dua kali panjat tebing di jalur A dan B.

Veddriq beraksi dengan melawan wakil tuan rumah, Bassa Mawem. Sedangkan Rahmad bersanding dengan Joshua Bruyns asal Afrika Selatan. Keduanya memulai aksinya dengan sangat baik.

Pada babak seeding heats ini, Veddriq mencatatkan waktu 4,92 di jalur A dan 4,79 detik di jalu B. Veddriq pun berhak menduduki ranking satu dari 14 peserta.

Sementara Rahmad sejatinya memulai dengan sangat baik dengan mencatatkan waktu 5,07 detik di jalur B. Hanya saja, Rahmad melakukan false start saat akan beraksi di jalur A. Kesalahan itu membuatnya harus berada di peringkat bawah.

Kualifikasi pun berlanjut ke babak elimination heats. Di mana berdasarkan hasil seeding heats, Veddriq yang menempati posisi pertama harus melawan kompatriotnya sendiri, Rahmad.

Babak ini pun menjadi penentu untuk kelolosan mereka ke babak delapan besar alias fase gugur. Rahmad harus bekerja keras untuk bisa mencatat waktu terbaiknya, mengingat catatan waktu di babak seeding heats tidak dihitung karena false start.

Di babak tersebut, Veddriq menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 4,98 detik. Sementara Rahmad harus puas mengemas waktu 5,13 detik.

Catatan waktu yang dimiliki Rahmad itu belum bisa membawanya ke babak perempat final. Pasalnya, catatan waktu atlet panjat tebing dari negara lain lebih cepat dari catatan miliknya.

Sementara Veddriq memastikan diri lolos ke babak perempat final. Atlet berusia 27 tahun itu menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang melaju ke babak tersebut pada nomor speed putra.

Perempat final speed putra sendiri akan berlangsung pada Kamis 8 Agustus 2024. Laga akan terus berlanjut hingga perebutan medali emas.

Topik Menarik