Gianluigi Donnarumma Jadi Kapten Timnas Italia di Piala Eropa 2024

Gianluigi Donnarumma Jadi Kapten Timnas Italia di Piala Eropa 2024

Olahraga | sindonews | Senin, 3 Juni 2024 - 05:05
share

Kiper Paris Saint-Germain (PSG), Gianluigi Donnarumma, dipercaya sebagai kapten Timnas Italia untuk Piala Eropa (Euro 2024). Ia pun langsung menebar ancaman kepada lawan-lawan Gli Azzurri di fase grup.

Pelatih Timnas Italia, Luciano Spalletti, menunjuk Gianluigi Donnarumma sebagai pemimpin di lapangan. Sebelumnya, Ciro Immobile adalah kapten Timnas Italia, tetapi ia harus digantikan oleh kiper berusia 25 tahun itu setelah tak masuk dalam tim di Euro 2024.

Donnarumma sudah beberapa kali dipercaya sebagai kapten Timnas Italia saat tampil di UEFA Nations League A, FIFA Matchday, dan Kualifikasi Euro 2024. Kini, ia diberikan kesempatan penuh untuk memimpin rekan-rekannya dalam ajang tertinggi di benua Eropa tersebut.

Gianluigi Donnarumma pun mengaku bangga dipercaya sebagai kapten Timnas Italia. Ia sudah belajar dari Giorgio Chiellini serta Gianluigi Buffon yang pernah menjabat sebagai kapten Timnas Italia.

“Ban kapten memberi saya banyak tanggung jawab. Saya sangat bangga memakainya, ini sangat menyenangkan dan merupakan sebuah kehormatan," kata Donnarumma dikutip dari Football Italia, Minggu (2/6/2024).

"Saya mencoba untuk memberikan contoh, menjadi diri saya sendiri. Saya memiliki banyak contoh seperti Chiellini, Bonucci, atau Buffon, jadi saya juga mengambil sesuatu dari mereka," ujarnya.

Meski berada di Grup B bersama Spanyol, Kroasia, dan Albania, Donnarumma memperingatkan lawan-lawan Timnas Italia bahwa timnya akan mengalami kesulitan karena setiap pertandingan dianggap seperti laga final. Ia yakin rekan-rekannya bakal memberikan penampilan terbaik di Euro 2024.

“Grup ini sulit, tetapi juga sulit bagi tim lain karena mereka tahu bahwa mereka akan menghadapi Italia yang kuat. Kami berpikir secara bertahap, kami harus menghadapi setiap pertandingan seolah-olah itu adalah final," jelasnya.

"Kami harus mempersiapkan diri dengan baik, karena semuanya akan menjadi pertandingan yang sulit. Saya pikir semua pemain bisa memberikan sesuatu yang penting,” pungkasnya.

Euro 2024 berlangsung di Jerman dari 14 Juni hingga 14 Juli mendatang. Timnas Italia berambisi mempertahankan gelarnya, setelah edisi sebelumnya sukses mengalahkan Inggris dengan skor 3-2 melalui adu penalti setelah bermain imbang 1-1.

Topik Menarik