Phil Foden Frustrasi meski Inggris ke Perempat Final Euro 2024, Kenapa?

Phil Foden Frustrasi meski Inggris ke Perempat Final Euro 2024, Kenapa?

Olahraga | inews | Kamis, 4 Juli 2024 - 21:03
share

DUSSELDORF, iNews.id – Phil Foden frustrasi meski Timnas Inggris ke perempat final Euro 2024. Dia ingin berganti posisi ke tempat Jude Bellingham.

Foden tampil luar biasa bersama Manchester City dengan menyabet gelar juara Liga Inggris musim lalu. Di semua kompetisi, dia membukukan 27 gol dan 12 assist dari 53 pertandingan.

Di Liga Inggris, Foden menyumbangkan 19 gol dan delapan assist dari 35 laga. Pemain jebolan akademi Man City itu pun dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga Inggris 2023-2024.

Akan tetapi, pemain berusia 24 tahun itu tak mampu berbicara banyak di Euro 2024 bersama The Three Lions. Dia menjadi salah satu pemain yang dikritik dari buruknya performa tim asuhan Gareth Southgate tersebut.

Dari empat penampilan, Foden belum memberikan kontribusi apapun. Inggris harus bersusah payah mengalahkan Slovakia 2-1 di 16 besar Euro 2024 lewat perpanjangan waktu dan baru bisa mencetak gol penyeimbang di menit akhir babak kedua setelah Foden ditarik keluar.

Foden tak memungkiri dirinya sangat frustrasi dengan penampilannya di Euro 2024. Dia ingin membuktikan diri pemain terbaik Liga Inggris musim lalu bisa tampil bagus untuk negaranya.

"Saya agak frustrasi, saya tidak akan berbohong. Saya ingin mencoba mencetak gol, mencoba melakukan hal-hal yang lebih baik untuk Inggris dan terkadang itu tidak berhasil, tetapi ini tentang menjaga mentalitas yang baik,” kata Foden dilansir Daily Mail, Kamis (4/7/2024).

"Saya bukanlah pemain terbaik di Liga Inggris yang datang ke sini dan tidak menunjukkannya. Saya merasa setiap pertandingan saya melangkah maju sedikit demi sedikit dan mudah-mudahan saya dapat tampil bagus untuk Inggris, itu selalu menjadi tujuan saya,” tambahnya.

Salah satu hal yang diduga membuat Foden tampil kurang maksimal dengan Inggris adalah posisinya yang ditempatkan di sayap kiri. Dia pun tak menampik posisi terbaiknya memang sebagai gelandang serang di lini tengah yang selama musim lalu ditempatinya saat membela Man City.

Namun, di Inggris posisi itu ditempati Jude Bellingham, yang sejauh ini lebih berkontribusi darinya. Walaupun begitu, dia menampik anggapan dirinya dan bintang Real Madrid itu tak bisa dimainkan secara bersamaan.

“Saya telah menunjukkan musim ini untuk City telah bergerak lebih ke tengah. Gol-gol meningkat dan saya telah memengaruhi lebih banyak pertandingan,” jelas pemain dengan 34 caps untuk Inggris tersebut.

“Saya tidak setuju (bahwa Foden dan Bellingham tidak bisa bermain bersama), saya merasa kami sudah ‘klik’ pada pertandingan terakhir,” ucapnya.

Inggris selanjutnya akan bersua dengan Swiss dalam laga babak perempat final Euro 2024. Pertandingan itu dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (6/7/2024) pukul 23.00 WIB di Dusseldorf Arena, Jerman.

Topik Menarik