Profil Veronica Tan, Wakil Menteri PPPA di Kabinet Prabowo

Profil Veronica Tan, Wakil Menteri PPPA di Kabinet Prabowo

Terkini | okezone | Senin, 21 Oktober 2024 - 07:09
share

JAKARTA - Presiden Prabowo Subianto baru saja mengumumkan susunan menteri dan wakil menteri yang akan membantunya dalam Kabinet Merah Putih untuk lima tahun ke depan. Salah satu nama yang cukup mengejutkan adalah Veronica Tan, yang ditunjuk sebagai Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Penunjukan Veronica Tan cukup mengejutkan publik, mengingat ia tidak memiliki latar belakang politik. Veronica lebih dikenal sebagai seorang pebisnis dan figur publik yang fokus pada keluarganya. 

Sosoknya mulai dikenal luas saat ia menjadi istri dari Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), mantan Gubernur DKI Jakarta, yang dinikahinya pada 6 September 1997, ketika ia berusia 19 tahun.

Profil Veronica Tan, Mantan Istri Ahok yang Jadi Calon Menteri Prabowo
Profil Veronica Tan, Mantan Istri Ahok yang Jadi Calon Menteri Prabowo

Veronica Tan lahir di Medan, Sumatera Utara, pada 4 Desember 1977, dengan nama asli Veronica Lim. Dari pernikahannya dengan Ahok, mereka dikaruniai tiga anak, yaitu Nicholas Sean (lahir 1998), Nathania (lahir 2001), dan Daud Albeenner (lahir 2006). Namun, pernikahan mereka berakhir pada awal 2018. Hingga saat ini, Veronica masih memilih untuk hidup sendiri dan tidak menikah lagi.

Setelah perceraiannya, Veronica Tan fokus pada karier bisnis. Ia mendirikan LoveCare, sebuah layanan rumah tangga yang bergerak di bidang perawatan dan bantuan rumah tangga. 

Selain itu, Veronica juga mengelola bisnis impor daging sapi melalui perusahaan Alpha Agro Indonesia. Sebelumnya, ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta, yang menunjukkan kepeduliannya terhadap isu kesehatan.

Veronica menempuh pendidikan dasar dan menengah di Medan. Setelah lulus SMP, ia memberanikan diri pindah ke Jakarta untuk melanjutkan pendidikan di SMA, tinggal bersama tantenya yang lebih dulu merantau. 

Veronica kemudian sempat diterima di Universitas Parahyangan, Bandung, dengan jurusan arsitektur, namun ibunya melarangnya kuliah di sana karena kekhawatiran akan pengaruh pergaulan bebas. Akhirnya, ia melanjutkan studi arsitektur di Universitas Pelita Harapan, Jakarta.

 

Di sela-sela kesibukannya berkuliah, Veronica aktif dalam kegiatan gereja, dan di sanalah ia bertemu dengan Ahok, yang kemudian menjadi suaminya.

Penunjukan Veronica Tan sebagai Wakil Menteri PPPA ini menambah warna baru dalam kabinet Prabowo, mengingat latar belakangnya yang beragam di bidang bisnis, kepedulian sosial, dan pengalaman hidup sebagai ibu dan pemimpin yayasan.

Topik Menarik