Xanana Gusmao Tiba di Indonesia, Siap Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran

Xanana Gusmao Tiba di Indonesia, Siap Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran

Nasional | okezone | Sabtu, 19 Oktober 2024 - 19:42
share

TANGERANG - Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao, terlihat sudah menginjakkan kakinya di Indonesia jelang berlangsungnya acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih RI, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Xanana Gusmao tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (19/10/2024). Adapun tujuan kehadirannya ialah guna menghadiri secara langsung berlangsungnya acara pelantikan Prabowo-Gibran yang akan digelar di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu 20 Oktober 2024.

Kedatangan Xanana Gusmao di Indonesia disambut langsung oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin beserta protokol kenegaraan. Pasukan TNI-Polri juga terlihat menyambut kehadiran perdana menteri berusia 78 tahun tersebut.

Xanana Gusmao terlihat mengenakan kemeja berwarna biru muda ditambah jas hitam dengan tampilan simpel dan formal, tak lupa juga dasi berwarna merah tua. Sementara itu, Budi terlihat mengenakan kemeja putih dengan jas biru tua beserta dasi merah-putih dan peci hitam.

Xanana dan Budi kemudian berjalan beriringan di atas karpet merah menuju panggung. Di sana keduanya berdiri berdampingan seraya lagu kebangsaan kedua negara dikumandangkan, beserta dengan berkibarnya bendera Timor Leste dan juga Indonesia secara bersamaan.

Setelah melangsungkan upacara penyambutan, Budi mengantar Xanana ke mobil yang diperuntukkan khusus untuk sang tamu spesial tersebut. Perdana Menteri Timor Leste itu pun kemudian meninggalkan bandara menuju tempatnya bermalam sebelum menghadiri pelantikan Prabowo-Gibran.

Topik Menarik