PM Kamboja Akan Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran

PM Kamboja Akan Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran

Nasional | okezone | Minggu, 20 Oktober 2024 - 00:28
share

TANGERANG - Perdana Menteri (PM) Kamboja, Hun Manet, menjadi salah satu tamu undangan yang akan menghadiri acara pelantikan Presiden-Wakil Presiden RI, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Diketahui bahwa dirinya sudah mendarat di Indonesia, Sabtu (19/10/2024).

Hun Manet tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (19/10/2024). Dia menggunakan pesawat Airbus A320 dengan bendera Kamboja yang terpampang di bagian belakang pesawat.

Kehadiran Hun Manet dan rombongan disambut secara formal dan hangat oleh pasukan protokol kenegaraan yang berbaris rapi di sepanjang karpet merah. Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi, menjadi perwakilan dari Indonesia yang menyambut sang Perdana Menteri tersebut.

Terlihat Hun Manet mengenakan kemeja putih, jas hitam, sepatu pantofel hitam, disertai dasi berwarna silver. Sementara itu, Budi juga terlihat mengenakan pakaian yang kurang lebih sama, hanya berbeda di warna dasi di mana dirinya mengenakan dasi berwarna merah menyala.

Setelah bersalaman, Hun Manet dan Budi berjalan beriringan di atas karpet merah menuju panggung upacara penyambutan. Keduanya kemudian berdiri bersampingan menghadap ke arah berkibarnya bendera Kamboja dan Indonesia, diriingi lagu kebangsaan yang dikumandangkan bergantian.

Seusai lagu kebangsaan kedua negara berakhir, Budi kemudian mengantarkan Hun Manet ke mobil hitam khusus untuk tamu undangan. Sebelum memasuki mobil, keduanya kembali berjabat tangan dan kemudian berpisah.

Sebagaimana diketahui, Presiden dan Wapres RI terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan secara resmi dilantik sebagai Presiden-Wapres di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu 20 Oktober 2024.

Topik Menarik