5 Alasan Anjing Menjilati Kakinya Sendiri

5 Alasan Anjing Menjilati Kakinya Sendiri

Terkini | okezone | Senin, 7 Oktober 2024 - 18:02
share

MENJILATI kaki memang kerap dilakukan oleh anjing ketika mereka tengah beristirahat. Lantas, apa sih penyebab anjing menjilati kaki mereka?

Ada beberapa alasan mengapa anjing sering menjilat kakinya, banyak orang yang beranggapan bahwa sering menjilati kaki anjing adalah suatu kebiasaan. Namun, ada juga yang menganggap bahwa hal tersebut bukanlah suatu kebiasaan yang wajar.

Berikut beberapa penyebab mengapa anjing sering menjilat kakinya, seperti dilansir dari berbagai sumber.

Kakinya Sakit
Anjing yang menjilat kakinya biasanya merupakan masalah yang serius. Jika mereka menjilat salah satu kakinya, ini menandakan salah satu kakinya terluka atau teriritasi, mungkin terluka karena pecahan kaca, digigit serangga, atau tertusuk duri.

Namun, jika dia sering menjilat dan pincang pada saat yang bersamaan, hal itu mungkin disebabkan oleh masalah yang lebih dalam pada kakinya, seperti keseleo, otot tertarik, dan semacam peradangan atau bahkan patah tulang.

Infeksi Jamur
Menjilati anjing sering dikaitkan dengan alergi kronis, namun hal ini dapat dikaitkan dengan makanan, bahan kimia furnitur rumah tangga, karpet, dan lainnya. Biasanya anjing yang baru selesai bermain di rumput mulai menjilati kakinya, hal ini bisa jadi disebabkan oleh alergi rumput akibat pestisida.

Jika Anda mencurigai anjing Anda terkena infeksi jamur, hal ini biasanya disebabkan oleh pola makan yang buruk. Terkadang pengobatan yang paling sederhana bisa dilakukan, seperti mengatasi kerontokan bulu dan mengganti makanan anjing.

Bosan
Tidak semua anjing yang menjilat kakinya memiliki masalah serius. Terkadang anjing juga merasa bosan, jadi menjilati kakinya hanyalah aktivitas yang menyenangkan.

Ia mungkin jarang diminta keluar rumah dan berlarian di ladang. Seringkali, anjing dengan kebiasaan seperti itu sendirian di rumah dan di kandangnya.

 

Hormon tidak seimbang
Jika anjing tidak memiliki keseimbangan hormonal, maka ia memproduksi terlalu banyak kortisol atau tidak menghasilkan cukup hormon tiroid. Akibatnya, hal ini dapat meningkatkan kerentanan anjing terhadap masalah kulit.

Masalah kulit yang paling umum adalah bintik merah, kebotakan, dan bulu anjing rontok. Menjilati bintik merah ini seringkali menyebabkan kebotakan di area yang terinfeksi.

Kutu
Kutu mungkin adalah hal yang paling sering dicurigai ketika anjing sering menjilati kukunya. Kutu dan caplak menimbulkan sensasi gatal yang membuat anjing terus menerus menjilat dan terlihat seperti sedang mengunyah sesuatu.

Situasinya akan bertambah buruk jika Anda menambahkan anjing yang alergi terhadap kutu. Oleh karena itu, sebaiknya pemilik segera mengobatinya dengan obat kutu yang bisa didapatkan di toko hewan terdekat.

Topik Menarik