Gelar Rapat, Dewan FIFA Disebut Bakal Jatuhkan Sanksi ke Israel Hari Ini

Gelar Rapat, Dewan FIFA Disebut Bakal Jatuhkan Sanksi ke Israel Hari Ini

Terkini | okezone | Kamis, 3 Oktober 2024 - 09:27
share

FIFA disebut-sebut bakal menjatuhkan sanksi ke Israel pada hari ini, Kamis (3/10/2024). Sebab, Dewan FIFA akan bertemu di markas besar di Zurich, Swiss.

Pekan lalu, Asosiasi Sepakbola Palestina (PFA) mengumumkan FIFA sudah menerima laporan hukum independen sebagai pertimbangan memberi sanksi kepada Asosiasi Sepakbola Israel (IFA). Mereka menilai negara tersebut telah melanggar regulasi FIFA.

"Kami mengapresiasi profesionalisme dan netralitas yang telah ditunjukkan FIFA dalam menangani masalah ini, khususnya dalam merujuk masalah ini ke pakar hukum untuk evaluasi menyeluruh. PFA tetap yakin akan keadilan proses yang sedang berlangsung,” ujar pernyataan resmi itu, dikutip dari Anadolu, Kamis (3/10/2024).

“Sebagai satu-satunya otoritas sepakbola yang diakui di wilayah Palestina, kami menegaskan hak kami yang tercantum dalam undang-undang dan statuta FIFA,” imbuh pernyataan tersebut.

"PFA dengan sabar menunggu keputusan akhir, yang diharapkan bakal diperkirakan akan ditinjau Dewan FIFA pada 3 Oktober," tutup pernyataan itu.

Dalam rujukannya, PFA mencantumkan Tepi Barat, Jalur Gaza, dan Yerusalem Timur, sebagai bukti pelanggaran hak asasi manusia (HAM) oleh Negara Israel. Maka dari itu, mereka memohon agar FIFA memberikan sanksi tegas kepada IFA.

Topik Menarik