Kantongi Ratusan Dukungan, Kans Sultan B Najamudin Menguat Jadi Ketua DPD

Kantongi Ratusan Dukungan, Kans Sultan B Najamudin Menguat Jadi Ketua DPD

Nasional | okezone | Sabtu, 28 September 2024 - 15:09
share

JAKARTA -  Sultan Bachtiar Najamudin digadang-gadang bakal menjadi Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2024-2029. Klaim sebanyak 110 senator telah mendukungnya.

Saat ini, Sultan B Najamudin merupakan Wakil Ketua DPD RI periode 2019-2024, yang kemudian terpilih kembali menjadi DPD periode 2024-2029 yang baru akan dilantik pada 1 Oktober 2024. Dukungan tersebut membuka peluang dirinya terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPD RI.

Menurut Anggota DPD RI Angelo Wake Kako, ratusan dukungan yang dikantongi Sultan B Najamudin berasal dari anggota DPD petahana, maupun mereka yang baru terpilih pada Pemilu 2024. Salah satu alasannya, karena mereka menginginkan adanya perubahan.

"Perjalanan lima tahun DPD RI membangun kemitraan, kurang maksimal. Kita butuh sosok yang bisa membangun sinergisitas, dan posisi itu ada di Pak Sultan," kata Angelo dalam keterangannya dikutip Sabtu (28/9/2024).

Deklarasi dukungan tersebut dilakukan di sela peluncuran buku "Green Democracy" karya Sultan B Najamudin di Hotel Fairmont, Jakarta. Sejumlah tokoh hadir, seperti Fahri Hamzah, Jimly Asshiddiqie, Anwar Usman, Yusril Ihza Mahendra, dan Sultan Hamengkubuwono X.

Deklarasi dukungan, kata Angelo, sekaligus mendukung paket Pimpinan DPD RI. Yakni, Sultan B Najamudin, Yorrys Raweyai, Tamsil Linrung, dan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, sebagaimana diatur dalam Tata Tertib DPD RI.

"Ini paket yang ideal. Sangat Indonesia, mewakili kaum perempuan ada, Pak Sultan, kelompok dari timur ada Bang Yoris, ini satu yang luar biasa," ujar senator dari Daerah Pemilihan Nusa Tenggara Timur itu.

 

Ia meyakini para anggota DPD lainnya akan ikut bergabung memberikan dukungan. Mengingat, tinggal empat hari lagi menuju waktu pemilihan Pimpinan DPD RI setelah pelantikan. 

"Mungkin tiba-tiba malam ini ada yang datang bergabung, besok bergabung. Syukur apabila ini aklamasi jauh lebih baik," tuturnya.

Sultan B Najamudin sempat mengunjungi Presiden terpilih Prabowo Subianto di rumah dinas Prabowo, Widya Chandra, Jakarta Selatan, Selasa 24 September 2024 malam. Dalam pertemuan yang berlangsung 2 jam, membahas sejumlah persoalan kebangsaan,terutama isu geopolitik, ekonomi, hingga pembangunan daerah. 

"Alhamdulillah beliau (Prabowo) sangat excited saat menerima kunjungan kami, untuk mendiskusikan banyak persoalan kebangsaan dan bagaimana Indonesia memainkan perannya dalam menyikapi situasi global saat ini," kata Sultan dalam keterangannya.

Tiga bakal calon Wakil Ketua DPD, yakni Gusti Kanjeng Ratu Hemas, Yorrys Raweyai, dan Tamsil Linrung turut mendampingi Sultan dalam pertemuan tersebut. "Pertemuan seperti ini merupakan tradisi kebangsaan yang biasa terjadi dalam kehidupan politik kita," katanya.

 

Senator asal Bengkulu ini mengaku mendapat wejangan dari Prabowo. Di antaranya agar mewujudkan semangat persatuan, rekonsiliasi, dan gotong royong. 

Sultan menegaskan, DPD siap berkolaborasi semua elemen bangsa. Kendati tetap menjunjung tinggi prinsip check and balance.

"Beliau ingin Indonesia semakin maju dan mandiri secara ekonomi, dengan suasana demokrasi dan politik yang kondusif. Oleh karena itu, beliau sangat mengharapkan agar pimpinan DPD RI ke depan dapat berkolaborasi dan berkontribusi lebih kepada daerah dan bangsa," pungkasnya.

Topik Menarik