Disatroni OTK, Diskusi Aktivis Dihadiri Din hingga Refly Harun di Jaksel Dibubarkan Paksa!

Disatroni OTK, Diskusi Aktivis Dihadiri Din hingga Refly Harun di Jaksel Dibubarkan Paksa!

Nasional | okezone | Sabtu, 28 September 2024 - 14:06
share

JAKARTA - Sejumlah orang tak dikenal (OTK) membubarkan paksa diskusi 'Silaturahmi Kebangsaan Diaspora bersama tokoh dan Aktivis Nasional yang digelar di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (28/9/2024). Mereka merangsek masuk melakukan aksi anarkis dengan mengacak-acak ruangan diskusi.

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin mengecam keras aksi anarkisme yang membubarkan acara diskusi tersebut. Din merupakan salah satu tokoh nasional yang turut hadir dalam acara diskusi tersebut.

"Apa yang terjadi tadi adalah kejahatan demokrasi. Kita membiarkan mereka berorasi sebagai manifestasi demokrasi, tapi ketika mereka masuk dan merusak, ini adalah anariksme," kata Din Syamsuddin dalam jumpa persnya yang dikutip dari channel YouTube Refly Harun.

Din Syamsuddin menilai hal ini tidak hanya memalukan, tetapi menganggu dan merusak kehidupan dan kebangsaan. Dalam kesempatan itu, dia pun menyoroti tanggung jawab kepolisian.

"Polisi, mohon maaf saya ingin katakan terus terang tidak berfungsi sebagai pelindung dan pengayom rakyat, sebagaimana yang menjadi slogan. Ternyata diam saja. Saya sungguh protes keras polisi yang berdiam diri bahkan membiarkan aksi-aksi anariksme," ujarnya.

 

Sementara, Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun menilai apa yang dilakukan orang-orang tak dikenal itu bagian dari tindakan kriminal. "Itu bukan delik aduan, dan mereka melakukan itu di depan polisi. Jadi kalo polisi tidak bertindak, aneh bin ajaib. Menurut saya, kita perlu ramai-ramai datang ke kantor polisi untuk menyampaikan hal ini," tutur Refly.

Berdasarkan rekaman video yang diterima Okezone, sejumlah massa yang sebelumnya melakukan aksi demonstrasi di depan hotel itu, tiba-tiba masuk ke dalam ruang acara. Mereka terlihat membubarkan peserta diskusi.

Massa tersebut juga terlihat mencabut spanduk acara yang berada di depan. Hingga berita ini ditulis, belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian terkait peristiwa tersebut.

Dalam jumpa pers tokoh dan aktivis Nasional terlihat di antaranya, Din Syamsuddin, Refly Harun, Said Didu, Sunarko dan lain sebagainya.

Topik Menarik