Mitos Kejatuhan Cicak di Tangan, Kepala hingga Punggung

Mitos Kejatuhan Cicak di Tangan, Kepala hingga Punggung

Terkini | okezone | Rabu, 25 September 2024 - 19:04
share

MITOS kejatuhan cicak memang menarik untuk dibahas. Pasalnya, kejatuhan cicak di berbagai bagian tubuh yang berbeda, juga memiliki arti yang berbeda pula.

Mitos memang nampaknya tidak bisa lepas dari kebudayaan yang ada di Indonesia. Beberapa mitos pun sudah mengakar, salah satunya adalah mitos seputar kejatuhan cicak. 

Bahkan di zaman modern, cerita ini masih dipercaya oleh sebagian orang. Kejatuhan cicak bisa dianggap sebagai berbagai pertanda. Berikut beberapa penjelasannya, seperti yang dilansir dari channel YouTube Praktisi Kejawen Dewi Sundari.

Cicak terjatuh di atas kepala
Menurut primbon Jawa, jika cicak terjatuh di atas kepalanya, dianggap pertanda buruk. Sebab, menurut primbon, ada beberapa keluarga yang akan meninggal atau meninggal di kemudian hari.

Jika cicak jatuh di tangan
Menurut Primbon Jawa, cicak yang jatuh di tangan kanan Anda, maka akan membawa keberuntungan. Sedangkan Primbon Jawa mengatakan jika cicak jatuh di tangan kiri, berarti akan mengeluarkan uang untuk keinginan yang besar.

Cicak jatuh di Punggung
Menurut Primbon Jawa, orang yang cicak jatuh di punggung bukanlah pertanda buruk, melainkan pertanda baik. Apalagi hal itu jarang terjadi. Sebab, ketika kejatuhan cicak di punggung, hanya bisa terjadi jika orang tersebut sedang tengkurap atau bersujud.

Menurut kepercayaan, orang tersebut akan kejatuhan rezeki besar dalam waktu dekat. Adapun rezeki tersebut, biasanya datang dari dagangan yang laris atau bisnisnya yang sukses.

 

Jika cicak jatuh di dada atau perut
Menurut Primbon Jawa, jika cicak jatuh di dada atau perut, Anda harus waspada. Alasannya adalah orang-orang menjadi sakit parah dan tertimpa sial. Namun, tidak semua akan mengalami sakit parah. Ada yang hanya sakit beberapa hari saja lalu sembuh, setelah kejatuhan cicak.

Cicak jatuh di kaki
Menurut primbon jawa, orang yang kejatuhan cicak di kakinya berarti orang tersebut akan menempuh perjalanan yang jauh dan sulit. Jadi, jika Anda berencana bepergian di kemudian hari, tetapi ada cicak yang jatuh menimpa kaki Anda, lebih baik tunda perjalanan  terlebih dahulu.

Cicak jatuh dekat badan
Menurut Primbon Jawa, jika cicak jatuh dekat badan, itu pertanda baik. Menurut Primbon, artinya orang yang mendekatkan cicak ke tubuhnya terhindar dari kecelakaan atau celaka berat.

Topik Menarik