Pentingnya Bicara dengan Anak Efek Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental

Pentingnya Bicara dengan Anak Efek Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental

Terkini | okezone | Rabu, 25 September 2024 - 17:23
share

Era digital yang serba cepat ini, kesehatan mental anak menjadi perhatian utama parenting bagi banyak orangtua. Dampak media sosial, tekanan akademis, serta perubahan sosial yang cepat membuat isu kesehatan mental semakin relevan dan penting untuk dibicarakan, terutama di kalangan anak-anak dan remaja.

Berbicara dengan anak tentang kesehatan mental mungkin terasa menantang bagi banyak orang tua, tetapi ini adalah langkah krusial untuk memastikan kesejahteraan mereka. Media sosial bisa menjasdi salah satu penyebab pemicu kesehatan mental. 

Peneliti di bidang teknologi informasi yang berfokus pada perkembangan remaja dan media sosial Linda Charmaraman, Ph.D menilai, media sosial pada dasarnya tidak baik atau buruk.

Tetapi penting juga bagi orangtua untuk memperhatikan tanda-tanda awal masalah kesehatan mental pada anak seperti perubahan suasana hati, penurunan minat pada aktivitas yang biasanya disukai, atau perubahan pola tidur dan makan.

"Jika tanda-tanda ini muncul, segera ajak anak bicara dan pertimbangkan untuk mencari bantuan profesional," kata Charmaraman seperti dilansir wired, Rabu (24/9/2024).

Salah satu cara efektif untuk berbicara dengan anak tentang kesehatan mental adalah dengan membagikan pengalaman pribadi mengenai dampak media sosial.

Perlu diingat bahwa percakapan tentang kesehatan mental sebaiknya tidak hanya dilakukan sekali, tetapi menjadi bagian dari komunikasi rutin dalam keluarga.

Dengan mengedepankan rasa terbuka dan empatik, hal tersebut dapat membantu anak-anak untuk memahami hubungan antara media sosial dan kesehatan mental mereka, sekaligus membangun kepercayaan untuk berbicara lebih lanjut tentang perasaan mereka.

Topik Menarik