Sulap Styrofoam Bekas Jadi Pesawat

Sulap Styrofoam Bekas Jadi Pesawat

Terkini | okezone | Selasa, 24 September 2024 - 13:07
share

Badar, seorang warga Bantul sukses membuat beragam jenis pesawat aeromodelling dari bahan styrofoam bekas kotak buah. Setelah dipotong dan dibentuk menyerupai pesawat asli, styrofoam itu dipasangi motor kipas pendorong dan siap mengudara.

Pesawat aeromodelling yang bentuknya menyerupai pesawat tucano milik TNI AU buatan Badar ini sedang diuji coba sebelum proses finising. Uniknya, miniatur pesawat yang terbuat dari bahan styrofoam ini bisa terbang dan mendarat dengan baik.  

Ini karena pesawat dikendalikan dengan remote control sehingga bisa melakukan berbagai manufer di udara layaknya pesawat terbang. Siapa sangka, terciptanya pesawat-pesawat yang mirip dengan aslinya itu berawal dari hobi aeromodelling sang pembuat.

Badar yang bertempat tinggal di Dusun Kalakijo, Bantul, ini memutuskan merakit pesawatnya  sendiri setelah  pesawatnya sering jatuh dan rusak. Keahliannya ini ia dapatkan setelah bergabung dengan komunitas.

Setelah beberapa kali mencoba, Badar akhirnya berhasil mendapatkan bahan yang cukup ringan namun kuat yakni strofoam jenis hardfoam dari kotak bekas kemasan buah anggur.

Karena pesawat aeromodelling buatannya sering tampil dan bisa terbang sempurna, banyak sesama penghobi yang akhirnya meminta untuk dibuatkan pesawat aeromodeling kepada Badar.

Untuk bentuk dan jenis pesawat, Badar mendapatkannya desain dari internet yang ia kembangkan menjadi pola. Selanjutnya pola tadi diaplikasikan menjadi beberapa potongan bagian pesawat.

Setelah itu, body pesawat dirakit diberikan plastik pelapis agar tahan air dan kemudian dicat sesuai pesanan. Sebagai penggerak, Badar menyematkan mesin motor berkualitas tinggi  sehingga sehingga pesawat aeromodeling buatannya tak kalah dari pesawat aeromodelling pabrikan. Soal harga, Badar menjual hasil karyanya mulai Rp500 ribu hingga Rp3 juta rupiah per unit.

Topik Menarik