Jakarta-Surabaya 4 Jam Pakai Kereta Cepat, Jadi Terobosan Baru di Sektor Transportasi

Jakarta-Surabaya 4 Jam Pakai Kereta Cepat, Jadi Terobosan Baru di Sektor Transportasi

Terkini | okezone | Selasa, 24 September 2024 - 05:19
share

JAKARTA - Pembangunan kereta cepat Jakarta-Surabaya disebut-sebut akan menciptakan terobosan baru dan persaingan dalam moda transportasi di Indonesia. Kereta dengan kecepatan tinggi ini diperkirakan akan menempuh jarak 900 km hanya dengan waktu 4 jam.

Kereta cepat Jakarta-Surabaya disebut akan melewati beberapa kota besar di pulau Jawa seperti kota Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Purwokerto. Namun, jalur dan rute yang akan dilalui oleh kereta cepat ini masih dalam tahap pengkajian untuk memastikan proyek yang dilakukan bisa efektif dalam aspek waktu dan biaya.

Moda transportasi darat jarak jauh yang sering ditemui adalah bus antar kota dan pesawat. Kehadiran kereta cepat Jakarta-Surabaya akan menciptakan pilihan baru untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Dengan waktu tempuh yang relatif singkat dan harga yang kompetitif yang ditawarkan, proyek ini nantinya akan menciptakan persaingan harga yang lebih ketat di antara moda transportasi lainnya.

Penawaran harga yang kompetitif ini, diharapkan bisa menjadi motivasi bagi transportasi lainnya untuk berkembang dan mengikuti kebutuhan penggunanya. Hal ini akan mewujudkan majunya dunia moda transportasi di Indonesia.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, proyek pembangunan kereta cepat ini memerlukan banyak pembiayaan dan akan membebani fiskal negara. Oleh karena itu proyek ini membutuhkan investor asing melalui skema Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

Topik Menarik