Timnas China Berada dalam Pusaran Kritik Jelang Hadapi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas China Berada dalam Pusaran Kritik Jelang Hadapi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Berita Utama | okezone | Selasa, 24 September 2024 - 04:00
share

TIMNAS China berada dalam pusaran kritik jelang menghadapi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Wakil Ketua Komite Olimpiade China, Yu Zaiqing, meminta kritik tersebut dihentikan meski mengakui Team Dragons masih tertinggal secara sepakbola.

China mengalami dua kekalahan memilukan dari Timnas Jepang dan Timnas Arab Saudi di dua laga awal Grup C Putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Mereka digulung Samurai Biru 0-7 di laga pertama dan kena 1-2 dari The Green Falcons pada laga kedua.

 

Dua kekalahan ini membuat Timnas China banjir kritik dari para penggemar mau pun kritikus. Mereka mengkritik pelatih hingga pemain yang dinilai tampil kurang maksimal dalam dua pertandingan tersebut.

 

Menilai fenomena itu, Yu meminta kritik kepada tim untuk dihentikan. Walau pun demikian, ia mengakui Timnas China masih belum setara dengan tim lainnya di dunia sepakbola.

"Sepak bola di China sangat berbeda, sangat sulit. Saya pikir Anda tidak boleh terus-menerus mengkritik tim tuan rumah seperti itu. Lihat, proporsi orang yang bermain sepak bola di negara kita terlalu kecil dibandingkan dengan total populasi,” kata Yu, dilansir dari Soha VN, Selasa (24/9/2024).

“Ada perbedaan besar antara keduanya, memilih bakat dari 1 banding 10 ribu dan dari 1 banding 1 juta,” imbuh pria asal China itu.

Topik Menarik