Cara Dokter Tirta Ubah Mie Instan Jadi Makanan yang Bergizi, Yuk Dicoba!

Cara Dokter Tirta Ubah Mie Instan Jadi Makanan yang Bergizi, Yuk Dicoba!

Berita Utama | okezone | Senin, 23 September 2024 - 00:30
share

MIE instan merupakan salah satu makanan yang begitu disukai orang Indonesia. Rasanya yang lezat dan mudah dibuat menjadikan mie instan begitu populer dan makin dikembangkan dengan berbagai varian. Namun, makanan cepat saji ini sering kali dianggap tak menyehatkan dan bisa berdampak buruk untuk kesehatan.

Banyak masyarakat meyakini ada sejumlah zat dan kandungan yang berbahaya di dalam mi instan bila terlalu sering mengonsumsinya. Hal ini pun menjadi perhatian bagi dr. Tirta Mandira Hudhi. Dia mengungkap bahwa mie instan tak begitu membahayakan seperti yang dikhawatirkan masyarakat.

“Siapa yang bilang mi instan bahaya, kalau kamu makan mi instan terus-terusan selama 10 tahun dan sehari 10 bungkus, ya, tensimu akan naik,” kata dr. Tirta dari akun TikTok, @miliardermudaindonesia, dikutip Senin (23/9/2024).

Dokter Tirta mengatakan mengonsumsi mie instan selagi tidak terlalu banyak dan dalam waktu lama tidak menyebabkan risiko kesehatan yang signifikan. Namun, yang perlu dipahami adalah mi instan adalah makanan yang minim gizi.

 

Untuk itu, dr. Tirta menyarankan bila mengonsumsi mi instan perlu diimbangi dengan protein lainnya yang memiliki nutrisi dan bermanfaat untuk tubuh. Salah satu cara yang tepat adalah mengonsumsi mi instan dengan menambahkan telur serta sayuran.

“Mi instan itu gak ada gizinya. Hanya karbo dari tepung yang dikasih bumbu natrium. Ternyata dari penelitian, jika mi instan dimakan menggunakan sayur, telur, daging ya jadi ada gizinya,” tutur dr. Tirta.

Dokter Tirta mengatakan untuk tidak lagi menganggap mie instan sebagai makanan tidak sehat dan berbahaya. Faktanya, makanan instan ini tak berisiko fatal untuk kesehatan selagi dikonsumsi secara benar. Menambahkan protein serta sayuran saat mengonsumsi mi instan menjadi tips penting agar makanan tersebut bisa lebih bergizi seimbang.

“Jadi mie instan itu jika dicampur dengan sayur dan daging atau telur rebus dua, itu mengurangi efek dari pengawetnya. Yang jadi masalah mi instan bukan berbahaya, tapi gak ada gizinya,” katanya.

Topik Menarik