Serangan Rusia Hantam Apartemen Kharkiv, 21 Orang Terluka dan Evakuasi Dilakukan

Serangan Rusia Hantam Apartemen Kharkiv, 21 Orang Terluka dan Evakuasi Dilakukan

Global | okezone | Senin, 23 September 2024 - 14:24
share

UKRAINA - Pasukan Rusia menyerang sebuah gedung apartemen bertingkat di kota terbesar kedua Ukraina, Kharkiv, pada Sabtu (21/9/2024) malam, melukai 21 orang dan mendorong evakuasi beberapa penghuninya. Kharkiv, 30 km (18 mil) dari perbatasan Rusia, telah sering menjadi sasaran serangan Moskow sejak pasukan Kremlin melancarkan invasi Februari 2022 ke tetangganya yang lebih kecil.

Wali Kota Ihor Terekhov menulis di aplikasi perpesanan Telegram, mengatakan Rusia telah mengerahkan bom berpemandu dan 60 penghuni telah dievakuasi dari gedung tersebut. Seorang anak berusia 8 tahun dan dua anak berusia 17 tahun termasuk di antara yang terluka.

Presiden Volodymyr Zelenskiy mengutuk serangan itu dan mengulangi seruannya agar lebih banyak senjata dari mitra Barat Kyiv digunakan untuk mempertahankan diri dari serangan Rusia.

"Ukraina membutuhkan kemampuan jarak jauh yang lengkap, dan kami berupaya meyakinkan mitra kami tentang hal ini," tulisnya di media sosial.

Lebih jauh ke selatan, serangan pesawat nirawak Rusia menewaskan dua orang pada Sabtu (21/9/2024) di kota Nikopol.

Di kota timur Kurakhove, salah satu titik fokus kemajuan lambat Rusia melalui wilayah industri Donetsk, satu orang tewas dalam serangan artileri Rusia, kata jaksa daerah.

 

Dan otoritas lokal di wilayah Sumy mengatakan pesawat Rusia menyerang infrastruktur energi di kota Shostka.

Sumy telah menjadi target serangan Rusia yang sering terjadi dan terletak di seberang wilayah Kursk selatan Rusia, tempat pasukan Ukraina melancarkan serangan bulan lalu.

Topik Menarik