Stok Blangko e-KTP Aman Jelang Pilkada Jakarta 2024

Stok Blangko e-KTP Aman Jelang Pilkada Jakarta 2024

Terkini | okezone | Minggu, 22 September 2024 - 11:34
share

JAKARTA - Ditjen Dukcapil memperkuat kerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mempercepat perekaman e-KTP bagi seluruh warga. Hal ini untuk menyambut Pilkada Jakarta 2024.

Hal itu diutarakan Dirjen Dukcapil, Teguh Setyabudi saat menghadiri Sosialisasi Pembentukan KPPS dan Apresiasi RT/RW Terbaik Tingkat Provinsi DKI Jakarta.

"Kami akan terus mendorong dan memfasilitasi warga yang belum merekam e-KTP agar dapat segera melakukannya. Ini adalah langkah penting agar mereka dapat terdaftar sebagai pemilih sah,”ujar Dirjen Teguh, Minggu (22/9/2024).

Pemerintah Daerah DKI Jakarta, bersama Dukcapil, telah menyiapkan program jemput bola perekaman e-KTP, bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan jemput bola perekaman e-KTP di berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA).

Tujuannya untuk menjangkau penduduk yang berusia 17 tahun, yang umumnya duduk di bangku SLTA, agar mereka dapat segera merekam data biometrik e-KTP dan terdaftar sebagai pemilih pada Pilkada mendatang.

Selain itu, Dirjen Dukcapil juga memastikan bahwa stok blangko e-KTP tidak akan menjadi kendala. Dukcapil telah melakukan berbagai langkah antisipasi untuk memastikan ketersediaan blangko di seluruh wilayah DKI Jakarta.

"Tidak ada alasan untuk menunda perekaman karena kami sudah mempersiapkan stok blangko e-KTP yang cukup. Kami juga telah melakukan mitigasi untuk menghindari potensi kerusakan blangko yang dapat menghambat distribusi e-KTP" ujarnya.

Kolaborasi antara Ditjen Dukcapil dan Pemda DKI Jakarta tidak hanya terbatas pada percepatan perekaman e-KTP. Dukcapil juga terlibat dalam pembaruan data penduduk secara terus-menerus hingga hari pelaksanaan Pilkada.

 

"Data kependudukan akan selalu diperbarui, sehingga seluruh warga yang berhak memilih dapat terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT). Ini adalah bagian dari komitmen kami untuk menjaga integritas demokrasi," jelas Dirjen Teguh.

Dengan kerja sama yang solid antara Ditjen Dukcapil dan Pemda DKI Jakarta, serta partisipasi aktif masyarakat, diharapkan Pilkada serentak 2024 di DKI Jakarta dapat berlangsung dengan lancar, adil, dan demokratis.

"Kami optimis Pilkada 2024 akan menjadi momentum penting bagi Jakarta dan seluruh Indonesia. Dengan data kependudukan yang akurat, demokrasi dapat berjalan lebih baik dan berkualitas," ujar Dirjen Teguh.

Sejalan dengan hal tersebut, Ketua Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan dan Penelitian dan Pengembangan KPU RI, Parsadaan Harahap, juga menyampaikan bahwa peran pemerintah daerah menjadi bagian terpenting dari proses Pilkada. Sebab, Pilkada tidak mungkin terlaksana tanpa dukungan pemerintah daerah.

"Saya titip pesan rekan-rekan PPK dan PPS kepada RT/RW untuk didukung dan disupport dengan sebaik-baiknya, demi memastikan seluruh proses Pilkada berjalan dengan lancar dan sukses," pungkasnya.

Topik Menarik