Sandiaga Uno Tawarkan 2 Solusi untuk Atasi  Kemacetan Parah di Puncak

Sandiaga Uno Tawarkan 2 Solusi untuk Atasi Kemacetan Parah di Puncak

Terkini | okezone | Jum'at, 20 September 2024 - 16:25
share

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno angkat suara terkait kemacetan parah yang terjadi di jalur wisata Puncak, Cianjur Jawa Barat, akhir pekan lalu.

Kemacetan parah itu membuat wisatawan terjebak hingga belasan jam. Terkait permasalahan itu, Sandiaga Uno sudah melakukan evaluasi dan mengambil kebijakan jangka pendek dan menengah. 

Dia menilai, penerapan ganjil genap maupun buka tutup jalan sudah tak lagi bisa mengatasi kemacetan di jalur Puncak. Karena itu, dia menawarkan dua solusi yang bisa mengurangi dampak kemacetan tersebut.

Pertama, pembatasan jumlah kendaraan yang masuk dan keluar kawasan Puncak sehingga permasalahan yang sama tak selalu terulang setiap tahunnya.

"Puncak itu hanya bisa menampung sekian belas ribu kendaraan dalam satu waktu, tidak bisa lebih. Kemarin itu kan sampai 50.000 kendaraan ya,” tuturnya saat ditemui awak media di Sleman, Yogyakarta, pada 19 September silam.

Sandiaga Uno Tawarkan 2 Solusi untuk Atasi  Kemacetan Parah di Puncak. (Foto: Okezone)

Kedua, mempercepat pembangunan kereta gantung di kawasan Puncak yang dikenal sebagai infrastruktur yang lebih ramah lingkungan. Dia berharap, keberadaan kereta gantung tersebut bisa menjadi solusi ke depannya.

“Kami juga melakukan manajemen krisis secara terintegrasi dengan melibatkan lintas kementerian, lembaga, dan daerah," kata Sandiaga Uno.*

Topik Menarik