Ditjen Pajak Ungkap Fakta Terbaru soal Data 6 Juta NPWP Bocor

Ditjen Pajak Ungkap Fakta Terbaru soal Data 6 Juta NPWP Bocor

Terkini | okezone | Jum'at, 20 September 2024 - 11:59
share

JAKARTA - Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) memberikan kabar terbaru soal dugaan kebocoran data Wajib Pajak. Mulai milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Dwi Astuti menyatakan beberapa hal berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh pihaknya.

Pertama, data log access dalam enam tahun terakhir menunjukkan tidak adanya indikasi yang mengarah kepada kebocoran data langsung dari sistem informasi DJP. Kedua, struktur data yang tersebar bukan merupakan struktur data yang terkait dengan pelaksanaan hak dan pemenuhan kewajiban perpajakan Wajib Pajak.

"Terhadap dugaan kebocoran data ini, DJP telah berkoordinasi dengan Kemenkominfo, BSSN, dan Kepolisian Republik Indonesia untuk menindaklanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ujarnya kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (20/9/2024).

Diungkapkan Dwi, pihaknya berkomitmen untuk selalu menjaga kerahasiaan dan keamanan data Wajib Pajak dengan baik pada sistem informasi dan infrastruktur milik DJP serta akan terus berupaya untuk meningkatkan sistem keamanan dan perlindungan data Wajib Pajak dengan melakukan evaluasi dan penyempurnaan tata kelola data dan sistem informasi melalui pembaruan teknologi pengamanan sistem dan security awareness.

Topik Menarik