Mengunjungi ILOMOCA, Museum Seni Modern yang Miliki Banyak Manfaat bagi Komunitas Sekitar

Mengunjungi ILOMOCA, Museum Seni Modern yang Miliki Banyak Manfaat bagi Komunitas Sekitar

Terkini | okezone | Jum'at, 6 September 2024 - 13:47
share

OKEZONE mendapat kesempatan mengunjungi Iloilo Museum of Contemporary Art atau biasa disebut ILOMOCA atas undangan Archipelago Hotels. Museum ini terletak di Case de Emperador, Festive Walk Parade, Iloilo City, Iloilo, Filipina.

Lantas, apa saja yang ditawarkan dalam museum ini? ILOMOCA merupakan museum seni modern yang berisikan Koleksi patung hingga lukisan. Karya ini digarap tak hanya oleh seminal lokal atau nasional, tapi juga internasional.

ILOMOCA memiliki dua lantai dan terdapat beberapa galeri. Lantai pertama berisikan koleksi dari para seniman Filipina dan internasional.

Sementara di lantai dua terdapat Galeri Adoracion Valencia. Galeri ini menampilkan berbagai hasil seni dari kolektor seni asal Iloilo, Edwin Valencia.

(Foto: Ramdani Bur/Okezone)

ILOMOCA hadir berkat kerjasama antara Kevin Tan dari Megaworld dan Edwin Valencia yang terkenal akan hasil seninya yang mendunia. Misi dari pembentukan ILOMOCA adalah memberikan kesempatan memamerkan karya seni yang mengandung pesan apresiasi kepada individu maupun masyarakat.

Melalui ILOMOCA, diharapkan muncul ide-ide yang yang dapat dibangun ke depannya melalui karya seni. Semenjak pertama kali dibuka pada 17 Maret 2018, ILOMOCA menjadi pusat perhatian dunia.

ILOMOCA menjadi pusat perhatian dunia karena mengeluarkan sederet program yang menarik perhatian pencinta seni dari seluruh dunia. Para seniman muda juga berani unjuk gigi di museum yang satu ini.

 

Demi menjaga originalitas hasil seni, pengujung dilarang menyentuh hasil seni. Bahkan, pengujung dilarang mengaktifkan ponsel selama di dalam ruangan.

Biaya Masuk ILOMOCA

ILOMOCA buka setiap Selasa-Minggu, hanya hari senin yang libur. Jam operasional mereka pun sama, yakni dari pukul 10.00 hingga 18.00.

(Foto: Ramdani Bur/Okezone)

Untuk harga tiket masuk pun beragam. Orang dewasa dikenakan 150 Peso Filipina atau sekira Rp41.200. Sementara bagi pelajar, dikenakan biaya 100 Peso Filipina (Rp27.400). Untuk anak-anak di bawah usia 4 tahun free alias gratis.

Topik Menarik