Pukul Wasit di PON XXI Aceh-Sumut 2024, Muhammad Rizki Saputra Dihukum Larangan Bermain Sepakbola Seumur Hidup?

Pukul Wasit di PON XXI Aceh-Sumut 2024, Muhammad Rizki Saputra Dihukum Larangan Bermain Sepakbola Seumur Hidup?

Terkini | okezone | Senin, 16 September 2024 - 08:38
share

MEMUKUL wasit di PON XXI Aceh-Sumut 2024, Muhammad Rizki Saputra di ambang hukuman terberat, yakni larangan tampil di persepakbolaan profesional seumur hidup. Sebelumnya, legenda Persiwa Wamena, Pieter Rumaropen, sempat dihukum larangan bermain sepakbola seumur hidup karena memukul wasit Muhaimin di laga Pelita Bandung Raya vs Persiwa Wamena pada 2013.

Namun, setelah mengajukan banding, Pieter Rumaropen hanya diberikan denda satu tahun larangan bermain dan denda Rp100 juta. Setelah hukuman seumur hidup dibatalkan, masih banyak pemain yang melakukan kekerasan kepada wasit.

(Momen Muhammad Rizki Saputra setelah melepaskan pukulan ke wasit)

Tentu yang terbaru ketika pemain Sulawesi Tengah, Muhammad Rizki Saputra, memukul wasit Eko Agus Sugiharto di laga Perempatfinal sepakbola putra PON XXI Aceh-Sumut 2024 yang mempertemukan tuan rumah Aceh vs Sulawesi Tengah pada Sabtu, 14 September 2024 malam WIB.

Pukulan dilepaskan Muhammad Rizki Saputra karena kesal dengan sejumlah keputusan kontroversial yang dikeluarkan wasit Eko Agus Sugiharto. Meski kesal, bukan berarti Muhammad Rizki Saputra berhak melepaskan pukulan kepada wasit.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan apa yang dilakukan Muhammad Rizki Saputra sebagai tindakan krimimal. Erick Thohir juga berjanji timnya akan melakukan investigasi apakah wasit terlibat dalam pengaturan skor, sehingga sejumlah keputusan janggal dikeluarkannya.

"Memalukan. Sangat memalukan. PSSI akan mengusut tuntas peristiwa ini dan akan menjatuhkan sanksi terberat!" kata Erick Thohir, Okezone mengutip dari laman resmi PSSI.

Topik Menarik