Bertemu Menteri LH Norwegia, Jokowi Minta Jangan Ada Diskriminasi Sawit RI

Bertemu Menteri LH Norwegia, Jokowi Minta Jangan Ada Diskriminasi Sawit RI

Nasional | okezone | Minggu, 2 Juni 2024 - 16:02
share

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan Menteri Iklim dan Lingkungan Hidup Norwegia, Andreas Bjelland Eriksen di Istana Merdeka, Jakarta (2/6/2024). Dalam pertemuan itu, Eriksen didampingi Menteri LHK Siti Nurbaya dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Usai melakukan pertemuan secara tertutup, Siti Nurbaya menjelaskan bahwa Presiden Jokowi meminta kepada Pemerintah Norwegia melalui LHK supaya tidak ada diskriminasi sawit.

“Tadi bapak presiden juga appeal kepada Norway untuk memberi pemahaman dan persepsi yang tepat agar tidak terjadi diskriminasi terkait dengan sawit,” kata Siti Nurbaya saat konferensi pers, Minggu (2/6/2024).

Siti menuturkan, permasalahan tersebut sudah ditangani dengan baik. Selain itu, saat ini, kata dia, Indonesia sedang mengkritik kebijakan (EU Deforestation-Free Regulation) yang dinilai diskriminasi terhadap sawit.

“Jadi Indonesia juga mengkritisi metode Land inventory-nya dan ini sedang terus kita kerjakan,” ujar dia.

Dalam pertemuan itu, lanjut Siti, turut dibahas mengenai MOU antara pemerintah Indonesia dan Norwegia perihal Indonesia Forestry and Other Land Uses (FOLU) Net-Sink 2030.

“Tari diceritakan sudah ada juga dukungan konkret atau kontribusi sebagai prestasi aksi iklim Indonesia sebesar 156 juta US Dollar, itu kira-kira setara dengan karbon 30,2 juta ton,” ujarnya.

Topik Menarik