Sidang Isbat Iduladha 2024 Digelar 7 Juni, Ada Potensi Rayakan Lebaran Serentak

Sidang Isbat Iduladha 2024 Digelar 7 Juni, Ada Potensi Rayakan Lebaran Serentak

Nasional | bandungraya.inews.id | Selasa, 4 Juni 2024 - 10:50
share

JAKARTA, iNewsBandungRaya.id - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat awal Zulhijjah 1445 H pada 7 Juni 2024. Hal itu akan diawali dengan pemantauan hilal (rukyatulhilal) yang juga digelar pada hari yang sama, 29 Zulkaidah 1445 H.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Adib mengatakan, pemantauan hilal akan dilakukan di 114 titik yang tersebar di seluruh Indonesia. Nantinya, penetapan ini akan menjadi acuan penetapan Hari Raya Iduladha 2024 pada 10 Zulhijjah.

Ia menyebut, semua sistem hisab sepakat bahwa ijtimak menjelang Zulhijah 1445 H jatuh pada 6 Juni 2024 M, bertepatan 29 Zulkaidah 1445 H sekitar pukul 19:37 WIB.

"Pelaksanaan pemantauan hilal dilakukan di 114 titik lokasi di seluruh Indonesia. Pelaksanaan tersebut akan dilakukan Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerja sama dengan Pengadilan Agama dan Ormas Islam, serta instansi lain setempat," kata Adib, Senin (3/6/2024).

Adib menjelaskan, saat hari rukyat, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia di atas ufuk berkisar antara 7 15,82 menit sampai dengan 10 41,09 menit dan sudut elongasi 11 34,83 menit hingga 13 14,47 menit.

"Hal tersebut sudah memenuhi kriteria yang telah ditentukan MABIMS," ujarnya.

Berdasarkan data dan perhitungan tersebut, kata Adib, posisi hilal sudah berada di atas kriteria Imkanur rukyat.

"Artinya, secara astronomis, pada 7 Juni 2024, hilal diperkirakan dapat terlihat di beberapa wilayah di Indonesia. Tinggal nanti bergantung dengan cuaca setempat," ungkapnya.

Adib mengatakan, bahwa hasil perhitungan imkanur rukyat ataupun wujudul hilal penentuan awal bulan Zulhijjah berpotensi memiliki kesamaan. Dengan demikian, muslim di Indonesia diperkirakan akan merayakan hari Iduladha secara serentak.

Meski begitu, hasil pemantauan hilal akan dimusyawarahkan dalam sidang Isbat awal Zulhijah 1445 H. Sidang Isbat, merupakan wujud sinergi antara Kemenag dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam pengambilan keputusan.

"Sidang Isbat merupakan wujud kebersamaan Kemenag dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam mengambil keputusan, yang hasilnya diharapkan dapat dilaksanakan bersama," jelas Adib.

Sidang Isbat awal Zulhijah 1445 H akan digelar di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kemenag, Thamrin, Jakarta, dan dihadiri sejumlah Duta Besar Negara-negara Sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Selain itu, Sidang Isbat juga akan dihadiri Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Lembaga dan instansi terkait, Tim Hisab Rukyat, dan Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam serta Pondok Pesantren.

Topik Menarik