12 Kasus Mutilasi yang Gemparkan Indonesia, Nomor 7 Libatkan Oknum TNI

12 Kasus Mutilasi yang Gemparkan Indonesia, Nomor 7 Libatkan Oknum TNI

Nasional | okezone | Kamis, 4 Juli 2024 - 08:29
share

KASUS mutilasi yang dilakukan pria diduga gangguan jiwa di Kabupaten Garut, Jawa Barat menggemparkan warga. Dia membunuh lalu memutilasi korban kemudian bagian tubuhnya yang sudah dipotong dibuang di pinggr jalan Kampung Bantar Limus, Desa Sancang, Kecamatan Cibalong, Garut.

Warga menemukan tubuh laki-laki yang dimutilasi itu pada Minggu 30 Juni 2024 siang dan seketika geger. Polisi kemudian menangkap pelaku pada malam hari dan akan dites kejiwaan.

Kasus mutilasi sudah berulang kali terjadi di Indonesia. Motifnya beragam, mulai dari masalah asmara, utang piutang, sakit hati, hingga dendam kesumat.

Okezone merangkum deretan kasus mutilasi yang menggemparkan di Indonesia sebagai berikut :

1. Mutilasi Karawang (2017)

Seorang suami berinisial MK tega membunuh dan memutilasi sang istri, Siti Saidah pada 4 Desember 2017 di rumah kontrakan mereka di kecamatan Telukjambe Timur, Karawang.

Pelaku menghabisi nyawa korban dengan memukul leher menggunakan sisi samping telapak tangan sebanyak 2 kali. Korban lantas jatuh dan kepalanya terbentur lantai. Setelah berhasil dihabisi, mayat Siti atau Nindya itu dimutilasi keesokan harinya menggunakan golok.

2. Kejadian di Malang (2019)

Jasad wanita di Malang, Jawa Timur ditemukan terpotong-potong pada 15 Mei 2019. Dari pengakuan tersangka, dirinya hanya memutilasi korban tanpa membunuhnya. Karena, korban diketahui memang sudah sakit sebelumnya.

Saat berkenalan dengan pelaku, korban sedang dalam keadaan sakit dan dibawa ke lantai 2 Pasar Besar. Kasus mutilasi ini tergolong cukup sadis. Sebab, tersangka yang tidak disebutkan inisialnya ini memutilasi tubuh korban dengan melakukan gunting tanam. Rupanya, tersangka melancarkan aksinya setelah 3 hari korban meninggal.

 BACA JUGA:

3. Kasus Mutilasi di Bandung (2019)

KW, wanita asal Bandung, Jawa Barat menjadi korban pembunuhan dan mutilasi yang dilakukan seorang pria berusia 37 tahun berinisial DP yang dikenalnya melalui media sosial Facebook. Peristiwa tersebut terjadi pada 7 Juli 2019.

Sebelum dimutilasi, KW terlebih dahulu dibunuh dengan menggunakan palu saat berhubungan badan. Tersangka memutilasi tubuh korban menjadi 3 bagian dan dimasukkan ke dalam boks. Bagian tubuh tersebut dibawa menggunakan mobil korban dan dibuang ke 3

4. Mutilasi di Kalibata (2020)

Kejadian menimpa Rinaldi Harley Wismanu pada 9 September 2020. Kala itu, korban dan tersangka LAS yang saling mengenal lewat aplikasi Tinder sengaja memesan kamar sebuah apartemen di kawasan Pasar Baru pada 7 September 2020.

Namun, setelah melakukan hubungan badan, korban sengaja dibunuh oleh kekasih LAS, DAF yang sudah terlebih dahulu masuk ke kamar sewaan dan menunggu di kamar mandi. Ia lantas memukul kepala korban dengan batu bata sebanyak 3 kali dan menusuk tubuh korban menggunakan pisau sebanyak 7 kali.

Jasad Rinaldi dipotong oleh kedua tersangka menjadi 11 bagian dan dimasukkan ke kresek serta koper. Ada juga bagian tubuh yang dimasukkan ke sebuah ransel. Setelah itu, potongan tubuh dibawa ke unit apartemen Kalibata City lantai 16.

5. Kasus Mutilasi Bekasi (2020)

Seorang manusia silver berinisial A tega menghabisi nyawa temannya sendiri yang berinisial DS di Bekasi, Jawa Barat pada 5 Desember 2020. Perbuatan keji itu sengaja dilakukan A karena sakit hati kerap dilecehkan oleh korban.

Rupanya, pelaku adalah salah satu warga penyandang masalah kesejahteraan sosial atau PMKS. Tersangka menusuk korban dengan parang dan membacok leher korban hingga tewas. Karena tersangka kebingungan, akhirnya ia memutuskan untuk memutilasi tubuh korban menjadi 4 potongan dan dibuang ke 4 tempat berbeda.

6. Mayat Wanita Tanpa Kepala (2021)

Penemuan mayat wanita tanpa kepala ini terjadi di sebuah rumah kosong di kelurahan Belitung Selatan, Kalimantan Selatan pada 2 Juni 2021 sekitar pukul 06.00 WITA.

Selain tanpa kepala, mayat tersebut juga berada dalam kondisi tanpa busana dan setengah terbakar. Bersamaan dengan itu, si penemu mayat, Indra Kurniawan juga menjumpai adanya pakaian korban di dalam rumah tersebut. Sementara itu, kepala korban ditemukan di luar area rumah kosong.

7. Oknum TNI mutilasi 4 warga Timika (2022)

Masyarakat di Timika, Papua Tengah dikejutkan dengan kasus mutilasi empat warga sipil pada 22 Agustus 2022 yang pelaku warga sipil dan oknum TNI.

Saat itu para yaitu Arnold Lokbere, Leman Nirigi, Iran Nirigi, dan Atis Titini bertemu dengan para pelaku. Mereka berniat untuk melakukan transaksi senjata. Korban yang berjumlah empat orang tergiur hingga datang dan membawa uang Rp250 juta.

Namun saat bertemu, para pelaku membunuh keempatnya lalu jenazahnya dimemasukkan ke dalam mobil kemudian dibuang ke Sungai Kamping Pigapu, Distrik Iwaka.

Keenam oknum TNI yang jadi tersangka kasus mutilasi itu adalah Mayor Inf HF, Kapten Inf DK, Praka RR, Pratu Ras, Pratu PC, dan Pratu R. Sementara, empat tersangka warga sipil adalah APL, DU, R, dan RMH.

Topik Menarik