Jokowi Sudah Tandatangani Nama-nama Pansel Capim KPK, Ini Komposisinya

Jokowi Sudah Tandatangani Nama-nama Pansel Capim KPK, Ini Komposisinya

Nasional | sindonews | Kamis, 30 Mei 2024 - 13:53
share

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan telah menyerahkan dan menandatangani nama-nama Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ada sembilan nama yang masuk dalam Pansel Capim dan Dewas KPK.

"Pansel KPK sudah saya tandatangani kemarin sebelum berangkat sudah saya tanda tangani. Ada 9 nama yang masuk tapi saya nggak hapal," kata Jokowi Pasar Lawang Agung Musi Rawas Utara, Kamis (30/5/2024).

"Pansel KPK tanyakan ke Mensesneg tapi sudah saya tanda tangani kemarin sebelum saya berangkat," tambahnya.

Baca juga: Istana Ungkap Pansel Capim KPK Berjumlah 9 Orang

Terkait komposisi 9 calon pansel KPK itu, Jokowi menyebut bahwa diisi dari unsur pemerintah dan profesional secara seimbang. "Saya nggak tahu unsur pemerintah berapa profesional berapa. Tapi saya kira apa 50-50 lah," kata Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi mengatakan bahwa Pansel Capim dan Dewas KPK akan diumumkan pada Juni. "Iya (diumumkan bulan Juni), ini baru menyiapkan untuk anggota-anggota dari pansel," kata Jokowi di Pasar Sentral Lacaria, Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, Selasa, 14 Mei 2024.

Baca juga: Bakal Diumumkan Juni 2024, Jokowi Ungkap Kriteria Pansel Capim KPK

Jokowi menyebut pansel Capim KPK nantinya akan diisi oleh tokoh-tokoh yang dinilai baik dan memiliki integritas serta fokus terhadap pemberantasan korupsi.

"Ya tokoh yang baik lah, yang punya integritas yang concern terhadap pemberantasan korupsi. Saya kira banyak sekali, tinggal nanti dipilih," kata Jokowi.

Perlu diketahui, bahwa pimpinan KPK akan habis masa jabatan pada akhir 2024. Seharusnya, pimpinan KPK hanya menjabat selama 4 tahun dan berakhir 2023. Namun, Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan permohonan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron untuk memperpanjang masa jabatan hingga 5 tahun dan akan berakhir tahun ini.

Topik Menarik