Pilkada Semarang, Pengamat Politik Sebut Dico Ganinduto Berpeluang Besar

Pilkada Semarang, Pengamat Politik Sebut Dico Ganinduto Berpeluang Besar

Infografis | sindonews | Kamis, 22 Agustus 2024 - 16:25
share

Dico Ganinduto dinilai berpeluang besar menang pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Semarang 2024 setelah diusung sejumlah parpol dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, seperti Nasdem, Golkar dan PSI.

“Saya rasa ini dukungan terhadap Dico Ganinduto untuk maju sebagai Calon Wali Kota Semarang adalah bentuk keseriusan KIM Plus untuk menguasai kontestasi elektoral di Jateng. Dan peluang memenangi kontestasi Pilkada Semarang 2024 bagi Dico cukup besar,” kata Herry Mendrofa, peneliti dari Nawacita Survey Indonesia, Kamis (22/8/2024).

Baca juga: Keren! Bupati Kendal Dico Jadi Role Model Good Governance Kepala Daerah di Jateng

Menurutnya, dengan mendorong Dico artinya menambah peluang kemenangan juga bagi KIM Plus sehingga koalisi ini mengunci kantong-kantong elektoral yang potensial dan strategis.

“Apalagi Semarang adalah episentrum pembangunan di Jateng. Maka suka atau tidak suka, untuk merebut Jateng harus dimulai dari Semarang dengan memenangkan Dico Ganinduto sebagai Wali Kota,” ujarnya.

“Melihat elektabilitas Dico saat ini maka sepertinya masyarakat Semarang tidak punya pilihan lain yang setara dengan kualitas Dico,” sambungnya.

Sementara pengamat politik dan kebijakan publik Yanuar Wijanarko berpendapat bahwa mengusung Dico merupakan pilihan cermat bagi parpol. Hal ini dikarenakan Dico salah satu tokoh anak muda yang elektabilitasnya teruji.

Baca juga: Kisah Jenderal Kopassus Soegito Perintahkan Luhut Pandjaitan Cari Makanan saat Peristiwa Malari

"Sebagai tokoh muda yang berpengalaman sebagai kepala daerah, elektabilitas Dico Ganinduto sudah teruji. Apalagi banyak program dan terobosan, yang dirasakan masyarakat saat dia menjabat," katanya.

“Kalau potensi kemenangan, lebih besar di Semarang, tetapi dilihat dari posisi strategis politik, Semarang lebih menguntungkan untuk tokoh dan partai politik," ungkapnya.

Setelah memimpin Kendal, Dico memiliki potensi elektoral besar di Semarang, karena kota itu merupakan etalase politik nasional. Yanuar menyebut, siapapun tokoh politik yang terpilih di Semarang, tentunya memiliki nilai tawar politik untuk Pilkada Jateng selanjutnya.

“Dico Ganinduto merupakan personal figur yang diterima oleh masyarakat. Alasannya Dico memiliki kepribadian hangat, ramah, serta memiliki pola komunikasi yang baik dan mudah dipahami masyarakat. Maka tidak heran, apabila masyarakat dari segala usia , terutama kalangan anak Milenial , akan condong memberikan dukungan kepada Dico,” ujarnya.

Topik Menarik