Mayat Bayi Dibuang di Kuburan Malang, Ditemukan Surat Wasiat yang Isinya Memilukan

Mayat Bayi Dibuang di Kuburan Malang, Ditemukan Surat Wasiat yang Isinya Memilukan

Infografis | sindonews | Sabtu, 29 Juni 2024 - 13:32
share

Sesosok jasad bayi di kuburan menggegerkan warga Ngajum, Malang, Jawa Timur. Bayi berjenis kelamin perempuan itu sudah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Penemuan mayat bayi ini berawal saat warga bernama Kaseno (62), hendak menuju sungai di seberang makam Desa Palaan, Jumat (28/6) sekitar pukul 16.00 WIB.

Baca juga: Kuburan Aborsi Massal Kembali Digali, 3 Jasad Bayi Diduga Masih Terkubur

Saat melintasi area makam tersebut, ia melihat bungkusan yang mencurigakan di pinggir jalan di kawasan Tempat Pemakaman Umum (TPU).

"Karena penasaran, saksi kemudian membuka tas kresek warna hitam itu untuk mengetahui isi di dalamnya. Setelah dilihat, ternyata itu adalah jasad bayi perempuan yang sudah dalam keadaan tidak bernyawa, yang bersangkutan langsung menghubungi petugas Polsek Ngajum, untuk melaporkan penemuan tersebut," kata Kasi Humas Ipda Dicka Ermantara, Sabtu (29/6/2024).

Menerima laporan dari warga, anggota Polsek Ngajum langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP). Polisi langsung melakukan evakuasi dan olah TKP untuk identifikasi awal.

"Jasad bayi tersebut ditemukan dalam kondisi telanjang dan tanpa identitas. Tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan saat ditemukan," ungkap Dicka.

Baca juga: Persekusi Gemparkan Bali, Perempuan Ditelanjangi di Toilet Kuburan

Dicka memperkirakan bayi tersebut meninggal dunia setelah dilahirkan. Sebab masih terdapat terdapat tali pusar yang menempel di perut bayi.

Selain itu di dalam tas kresek terdapat selembar kertas berisikan pesan wasiat dalam bahasa Jawa.

"Ditemukan selembar kertas bertuliskan ‘Sopo ae seng nemokno tolong kuburno seng layak, aku wong miskin’ yang artinya siapa saja yang menemukan tolong dikuburkan yang layak, aku orang miskin'. Kami menemukan wasiat di tas tersebut bertuliskan intinya, agar jasad tersebut dikuburkan dengan layak,” paparnya.

Dicka menyebut, pihaknya kini tengah melakukan penyelidikan secara menyeluruh untuk mengungkap fakta-fakta terkait kasus ini.

Upaya identifikasi korban dan pencarian informasi dari masyarakat sekitar terus dilakukan untuk menemukan pihak yang bertanggung jawab atas kejadian tragis ini.

"Masih proses penyelidikan, kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengidentifikasi dan mencari siapa pelaku yang tega membuang jasad bayi tersebut," ujarnya.

Topik Menarik