Beredar Video Pelaku dan Korban Mutilasi di Cibalong Garut, Ini Faktanya

Beredar Video Pelaku dan Korban Mutilasi di Cibalong Garut, Ini Faktanya

Infografis | sindonews | Senin, 1 Juli 2024 - 14:30
share

Pelaku pembunuhan disertai mutilasi di Kampung Bantar Limus, Desa Sancang, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat ditangkap polisi tanpa perlawnan pada Minggu (30/6/2024) malam.

Petugas Polresta Garut juga mengamankan senjata tajam golok yang digunakan pelaku untuk membunuh dan memutilasi korban.

Baca juga: Polisi Tangkap Terduga Pelaku Mutilasi di Cibalong Garut, Diduga ODGJ

"Pelaku diamankan tadi malam tanpa perlawanan di Cibalong," kata Kasi Humas Polresta Garut Iptu Adi Susilo, Senin (1/7/2024).

Iptu Adi Susilo menyatakan, polisi belum dapat memastikan bahwa korban dan pelaku adalah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Kepastian kondisi kejiwaan terduga pelaku, ujar Iptu Adi Susilo, harus dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan jiwa oleh tim dokter.

Saat ini pemeriksaan dan pendataan korban serta pelaku masih dilakukan untuk mengetahui keduanya kenal atau tidak.

Baca juga: Kronologi Penemuan Mayat Korban Mutilasi di Cibalong Garut, Potongan Tubuh Berserakan di Tepi Jalan

"Nanti ini akan dilanjutkan lagi pemeriksaannya," ujar Iptu Adi.

Sementara itu, di media sosial (medsos) Instagram beredar foto dan video korban bersama pelaku. Keduanya disebut adalah ODGJ.

Dalam video tampak korban yang hanya mengenakan sarung tanpa baju diikat kain dan ditarik oleh pelaku yang mengenakan pakaian lengkap dan topi.

Di bagian lain video, tampak warga berkerumun melihat pelaku duduk dekat jasad korban yang telah termutilasi.

"Tah tingali (tu lihat), aya (ada) dua rebu (2.000) nu nongton (yang menonton). Tah di dieu ge aya (tu di sini juga ada) 200. Opat (empat) penjuru nu nongtonna ge," kata perekam video.

Sebelumnya diberitakan warga Kampung Bantar Limus Desa Sancang Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut, digegerkan dengan temuan beberapa bagian tubuh manusia.

Potongan tubuh tersebut merupakan korban mutilasi. Korban diketahui berjenis kelamin laki-laki.

"Kejadian tersebut sekitar pukul 12.30 WIB. Polsek Cibalong bersama Satreskrim Polres Garut yang menerima laporan tentang penemuan mayat dengan jenis kelamin laki laki tersebut segera menuju ke TKP," kata Kasi Humas Polres Garut Iptu Adi Susilo.

Setelah sampai di lokasi kejadian, ujar Iptu Adi, polisi menemukan beberapa bagian tubuh manusia. Seperti lengan dan kaki di dalam karung.

"Sementara bagian tubuh korban di terpotong menjadi 2 bagian dan tergeletak di pinggir jalan raya Cibalong," ujar Iptu Adi.

Sampai saat ini, identitas jasad korban mutilasi tersebu belum terungkap. Satreskrim Polres Garut tengah menjalani dan mendalami kasus itu.

Topik Menarik