Eks Menkes Terawan Jadi Penasihat Khusus Prabowo: Saya Tentara, Siap Tugas

Eks Menkes Terawan Jadi Penasihat Khusus Prabowo: Saya Tentara, Siap Tugas

Terkini | inews | Selasa, 22 Oktober 2024 - 14:26
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Prabowo Subianto telah melantik para Penasihat Khusus di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/10/2024). Salah satunya adalah Terawan Agus Putranto sebagai Penasihat Khusus Presiden Bidang Kesehatan.

Terawan yang merupakan mantan Menteri Kesehatan era Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku siap melaksanakan tugas dari Presiden Prabowo.

“Saya adalah tentara, meskipun sudah purnawirawan, saya selalu siap melaksanakan tugas yang diperintahkan, kapan saja, di mana saja, saya akan siap melaksanakan,” kata Terawan di Kompleks Istana.

Terawan menegaskan, dirinya akan menjalankan tugas dengan penuh kejujuran, objektif sehingga bermanfaat bagi bangsa dan negara.

“Tergantung perintahnya, saya melaksanakan perintah. Saya koordinasikan dulu apa yang akan menjadi permasalahan yang untuk diselesaikan, saya akan membantu siap melaksanakan tugas,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Prabowo Subianto melantik tujuh Penasihat Khusus Presiden di Istana Negara. Para penasihat itu akan mengurusi haji, pertahanan nasional, kesehatan hingga investasi.

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 140P Tahun 2024 tentang Pengangkatan Penasihat Khusus Presiden Periode 2024-2029. Setelah Keppres dibacakan, Prabowo memandu para Penasihat Khusus Presiden membacakan sumpah/janji.

Berikut tujuh Penasihat Khusus Presiden yang dilantik Prabowo:

1. Penasihat Khusus Presiden bidang Politik dan Keamanan: Jenderal TNI (Purn) Wiranto 
2. Penasihat Khusus Presiden bidang Digitalisasi dan Teknologi Pemerintahan: Jenderal TNI (HOR) (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan
3. Penasihat Khusus Presiden bidang Pertahanan Nasional: Jenderal TNI (Purn) Dudung Abdurachman
4. Penasihat Khusus Presiden bidang Ekonomi dan Pembangunan Nasional: Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro
5. Penasihat Khusus Presiden bidang Energi: Purnomo Yusgiantoro
6. Penasihat Khusus Presiden bidang Haji: Muhadjir Effendy
7. Penasihat Khusus Presiden bidang Kesehatan: Letnan Jenderal TNI (Purn) Terawan Agus Putranto

Topik Menarik