Natalius Pigai Minta Anggaran Kementerian HAM Dirombak Jadi Rp20 Triliun, Bukan Rp64 Miliar

Natalius Pigai Minta Anggaran Kementerian HAM Dirombak Jadi Rp20 Triliun, Bukan Rp64 Miliar

Terkini | inews | Selasa, 22 Oktober 2024 - 14:01
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Hak Asasi Manusia (HAM) Natalius Pigai meminta anggaran Kementerian HAM dirombak menjadi Rp20 triliun lebih. Sebab, saat ini anggaran kementerian yang dipimpinnya hanya sebesar Rp64 miliar.

"Kalau negara punya kemampuan, maunya di atas Rp20 triliun. Pigai bisa bangun. Saya ini orang pekerja lapangan. Kalau negara punya anggaran, saya maunya Rp20 triliun," ujar Pigai di Kantor Kementerian HAM, Jakarta Pusat, Senin (21/10/2024).

Dia menyatakan Presiden Prabowo Subianto memiliki visi yang besar terkait isu HAM. Sehingga, dia menilai anggaran yang ada tidak akan bisa memenuhi cita-cita Prabowo.

"Kenapa presiden mau bikin kementerian HAM? Berarti ada sesuatu besar yang mau dibikin. Maka tim transisi rombak itu anggaran. Rombak itu dari Rp20 triliun cuma Rp64 miliar, tidak bisa, tidak tercapai cita-cita dan visi keinginan presiden Indonesia," kata dia.

Dia mengaku telah berbincang dengan Menteri Keuangan untuk membahas anggaran Kementerian HAM. Dia menyebutkan dana tersebut akan dialokasikan untuk pembangunan HAM di Indonesia.

"Saya sudah bicara langsung dengan Ketua Bappenas dan saya sudah bicara dengan Menteri Keuangan, bahwa saya akan membangun pembangunan HAM baik fisik dan nonfisik," ucapnya.

Topik Menarik