Cak Imin Jadi Menko Pemberdayaan Masyarakat, Ungkap Tugas-tugasnya

Cak Imin Jadi Menko Pemberdayaan Masyarakat, Ungkap Tugas-tugasnya

Terkini | inews | Senin, 21 Oktober 2024 - 14:04
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Prabowo Subianto telah melantik Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai Menteri Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (21/10/2024). Cak Imin merupakan mantan Cawapres yang turut bersaing melawan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Kini, Cak Imin memiliki tugas baru sebagai menteri. Cak Imin menjelaskan, dirinya memimpin kementerian dengan lingkup Kementerian Koperasi hingga Kementerian Sosial.

"Hari ini saya diberi amanat oleh Pak Prabowo, Presiden Republik Indonesia untuk memimpin Kementerian Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat. Pemberdayaan Masyarakat ini melingkupi antara lain Kementerian Kooperasi, Kementerian UMKM, Kementerian Ekonomi Kreatif, Kementerian Sosial, Kementerian Perlindungan Pekerja Migran," kata Cak Imin di Kompleks Istana Negara, Senin (21/10/2024).

"Dan juga lembaga-lembaga terkait yang berhubungan dengan pemberdayaan institusional maupun pemberdayaan personal, individu," tambahnya.

Menurut dia, Kemenko yang dipimpinnya akan mendorong upaya percepatan kapasitas kelembagaan, misalnya koperasi, usaha kecil menengah, pemberdayaan masyarakat hingga pemberdayaan individu-individu.

"Sehingga tugas ini cukup penting dan serius," kata Cak Imin.

Meski nama kementeriannya tergolong baru, Cak Imin mengaku akan berkantor di gedung Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) di Jalan Medan Merdeka Barat.

Sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto melantik para menteri Kabinet Merah Putih, Senin (21/10/2024). Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta.

Pelantikan diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Selanjutnya, dibacakan Keputusan Presiden terkait pengangkatan menteri Kabinet Merah Putih.

Setelah itu, para menteri dan pejabat setingkat menteri membacakan sumpah jabatan, dipimpin oleh Presiden Prabowo.

Topik Menarik